Pengaruh Pemahaman Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Terhadap Hasil Praktik Pengelasan Siswa Kelas X Smk Negeri 10 Makassar

Sahlul, Sahlul (2020) Pengaruh Pemahaman Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Terhadap Hasil Praktik Pengelasan Siswa Kelas X Smk Negeri 10 Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, Pengaruh Pemahaman Kesekasahatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Terhadap Hasil Praktik Pengelasan Siswa Pada Jurusan Teknik Pengelasan Di SMK Negeri 10 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menunjukkan hubungan yang bersifat sebab-akibat dengan melibatkan sampel yaitu 24 siswa jurusan teknik pengelasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan menggunakan nilai rata-rata, median dan standar deviasi serta untuk uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas data, dan uji linieritas sedangkan uji hipotesis digunakan uji korelasi product moment dan uji-t. hasil analisis korelasi product moment diperoleh sebesar thitung 0,53> ttabel 0.51 dengan tingkat pengaruh rendah dan dapat dinyatakan terdapat pengaruh pemahaman kesekasahatan dan keselamatan kerja (k3) terhadap hasil praktik pengelasan siswa pada jurusan teknik pengelasan. Dengan hasil perbandingan hasil uji-t sebesar thitung (2.949) > ttabel (2.508) dengan taraf signifikan 1%, maka Ho ditolak, artinya bahwa terdapat pengaruh pemahaman kesekasahatan dan keselamatan kerja (k3) terhadap hasil praktik pengelasan siswa jurusan teknik pengelasan. Kata kunci : Pemahaman Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Hasil Praktik Pengelasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 17 Feb 2020 04:57
Last Modified: 17 Feb 2020 04:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17082

Actions (login required)

View Item View Item