KREATIVITAS SISWA DALAM PENGOLAHAN LIMBAH PLASTIK MENJADI KARYA SENI (Studi terhadap Kelompok Organisasi Sekolah Adiwiyata pada SMA 2 Enrekang)

QADRIAH, ASNI (2018) KREATIVITAS SISWA DALAM PENGOLAHAN LIMBAH PLASTIK MENJADI KARYA SENI (Studi terhadap Kelompok Organisasi Sekolah Adiwiyata pada SMA 2 Enrekang). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ASNI QADRIAH-1381040017.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ASNI QADRIAH, 2018. “KREATIVITAS SISWA DALAM PENGOLAHAN LIMBAH PLASTIK MENJADI KARYA SENI (Studi terhadap Kelompok Organisasi Sekolah Adiwiyata pada SMA 2 Enrekang)”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Abd. Aziz Ahmad dan Pangeran Paita Yunus). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kreativitas siswa dalam pengolahan limbah plastik menjadi karya seni melalui program Adiwiyata, (2) faktor penghambat siswa dalam pengolahan limbah plastik menjadi karya seni melalui program Adiwiyata. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh karya siswa SMA Negeri 2 Enrekang pada program Adiwiyata dari tahun 2014-2016 dengan jumlah karya sebanyak 210 karya, yaitu karya dari limbah plastik, karet, karton, kaca, kaleng, kain, kayu dan daun kering. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sample, yaitu 16 karya yang tergolong dari limbah plastik, terhitung mulai dari Adiwiyata tahun 2014-2016. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang kreativitas siswa dalam pengolahan limbah plastik menjadi karya seni melalui program Adiwiyata, yaitu Kreativitas siswa dalam pengolahan limbah plastik menjadi karya seni melalui program Adiwiyata mengalami peningkatan. Sebab, dari kategori sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten, tingkat provinsi, dan tingkat nasional, siswa tidak hanya menghasilkan karya yang monoton akan tetapi siswa melahirkan sesuatu yang baru baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya. Mereka menghasilkan karya yang berbeda-beda dari segi ide dan bentuk, adapun faktor penghambat siswa dalam pengolahan limbah plastik menjadi karya seni yaitu masalah kurangnya sosialisasi mengenai program Adiwiyata, kurangnya keterampilan dan motivasi. Ada juga sebagian dari siswa yang memiliki karakter kurang peduli terhadap lingkungan sehingga enggan menyentuh limbah. vi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 14 Feb 2020 01:45
Last Modified: 14 Feb 2020 01:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17044

Actions (login required)

View Item View Item