KREATIVITAS SISWA DALAM MEMBUAT KARYA SENI DARI KERTAS DENGAN TEKNIK PAPER QUILLING DI SMP NEGERI 2 MAJAULENG KABUPATEN WAJO

Khaerunnisa, Andi (2018) KREATIVITAS SISWA DALAM MEMBUAT KARYA SENI DARI KERTAS DENGAN TEKNIK PAPER QUILLING DI SMP NEGERI 2 MAJAULENG KABUPATEN WAJO. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Andi Khaerunnisa (1481040023).pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

STUDENTS’ CREATIVITY IN MAKING ART WORK FROM PAPER WITH PAPER QUILLING TECHNIQUES IN STATE JUNIOR HIGH SCHOOL 2 MAJAULENG WAJO DISTRICT Andi Khaerunnisa: Jalil Saleh., Irfan Arifin. Prodi pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar (andikhaerunnnisa@gmail.com) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kreativitas siswa dalam membuat karya seni dari kertas dengan teknik paper quilling di SMP Negeri 2 Majauleng Kabupaten Wajo. (2) Bentuk-bentuk karya apa saja yang dihasilkan siswa dengan teknik paper quilling di SMP Negeri 2 Majauleng Kabupaten Wajo. Jenis penelitian ini adalah Analisis isi (Content Analysis) dengan pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan Observasi, tes (prakti) dan dokumentasi. Populasinya yaitu siswa kelas VIII (1,2,3,4) SMP Negeri 2 Majauleng dengan jumlah siswa keseluruhan 108 orang, sedangkan sampel yang terpilih adalah kelas VIII 1 dengan jumlah siswa 26 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Kreativitas siswa kelas VIII.1 dalam membuat karya seni paper quilling di SMP Negeri 2 Majauleng Kabupaten Wajo termasuk siswa yang kreatif terbukti jika dilihat dari perolehan hasil kreativitasnya jika dilihat dari berbagai aspek rata-rata nilai yang diperoleh sekitar 16 siswa atau 60 % dari jumlah siswa dikategorikan sebagai siswa sangat kreatif dan kreatif. Hal itu menunjukkan bahwa siswa mampu berkreativitas dengan baik dalam mengerjakan tugas praktik mata pelajaran keterampilan. (2) Bentuk-bentuk karya yang dihasilkan siswa dengan teknik paper quilling di SMP Negeri 2 Majauleng Kabupaten Wajo pada tahap awal penelitian yaitu karya dengan motif gabungan hewan dan bunga, motif bunga, hewan, kendaraan selanjutnya pada tahap kedua penelitian kreasi bentuk karya yang dibuat cukup beragam diantaranya berbagai kartu ucapan, papan nama hias, souvenir daerah / tempat wisata, bingkai foto hias dan hiasan pada kalender dengan berbagai ukuran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 14 Feb 2020 01:30
Last Modified: 14 Feb 2020 01:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17039

Actions (login required)

View Item View Item