PENERAPAN KELAS OUTDOOR PADA MATERI VOKAL UNISONO UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 1 PAMBOANG

Gaffar, Nurfidari (2018) PENERAPAN KELAS OUTDOOR PADA MATERI VOKAL UNISONO UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 1 PAMBOANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
NURFIDARI GAFFAR, 1382041001, 2018.pdf

Download (14MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NURFIDARI GAFFAR, 1382041001, 2018.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurfidari Gaffar, 2018. Penerapan Kelas Outdoor Pada Materi Vokal Unisono Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 1 Pamboang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sendratasik, Fakultas Seni Dan Desain, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan, bertujuan Untuk mendeskripsikan penerapan kelas outdoor pada materi vokal kelas VIIIB SMP Negeri 1 Pamboang, dan Untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa di kelas VIIIB SMP Negeri 1 Pamboang melalui penerapan kelas outdoor. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunkan observasi, dokumentasi, serta pengisian angket. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data aktivitas belajar peserta didik dalam proses pembeljaran seni budaya (vokal) materi praktek dan angket minat untuk mengumpulkan data peningkatan minat belajar pada tahap I dan II. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan kelas outdoor terhadap mata pejaran seni budaya materi vokal unisono mampu meningkatkan minat belajar peserta didik. Dibuktikan dengan data perolehan nilai pengisian angket pada tahap I mengalami peningkatan, peningkatan minat belajar peserta didik dapat dilihat dari hasil evaluasi angket minat belajar pada tahap I yakni dengan peserta didik minat rendah sebanyak 12 orang atau 57.1% dan peserta didik yang minat tinggi sebanyak 9 orang atau 33.3%. selanjutnya pada hasil evaluasi peningkatan minat pada tahap II yaitu peserta didik yang minat rendah sebanyak 4 orang atau 19.1% dan peserta didik minat tinggi sebanyak 17 orang attau 80.9%. dengan demikian hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa penerapan kelas outdoor dapat meningkatkan minat belajar pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 pamboang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 13 Feb 2020 08:11
Last Modified: 13 Feb 2020 08:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17031

Actions (login required)

View Item View Item