PENINGKATAN KETERAMPILAN BERNYANYI DENGAN PENERAPAN OLAH VOKAL DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA PADA SISWA KELAS VII.A DI SMPN 3 MAIWA KABUPATEN ENREKANG

A. Nawis, Andi Jesria (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERNYANYI DENGAN PENERAPAN OLAH VOKAL DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA PADA SISWA KELAS VII.A DI SMPN 3 MAIWA KABUPATEN ENREKANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ANDI JESRIA A. NAWIS, 1382041008, 2018.pdf

Download (140MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Andi Jesria A. Nawis, 2018. Peningkatan Keterampilan Bernyanyi dengan Penerapan Olah Vokal dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Paduan Suara Pada Siswa Kelas VII.A di SMP Negeri 3 Maiwa Kabupaten Enrekang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sendratasik, Fakultas Seni dan Desain, Universutas Negeri Makassar. Penelitian ini membahas: 1.) Pola kegiatan ekstrakurikuler paduan suara dengan menerapkan olah vokal yang dapat meningkatkan keterampilan bernyanyi dan 2.) Peningkatan keterampilan bernyanyi setelah melalui kegiatan ekstrakurikuler paduan suara dengan menerapkan olah vokal pada siswa kelas VII. A di SMPN 3 Maiwa Kabupaten Enrekang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan hasil peningkatan keterampilan bernyanyi siswa kelas VII.A di SMPN 3 Maiwa Kabupaten Enrekang yang berjumlah 21 orang yakni 8 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, dokumentasi dan tes, kemudian hasil datanya dianalisis secara kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini, yakni: 1.) Pola kegiatan penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Adanya siklus II dilaksanakan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan pada proses kegiatan di siklus I. 2.) Setelah melalui proses kegiatan ekstrakurikuler paduan suara, peningkatan keterampilan bernyanyi siswa diperoleh hasil analisis data evaluasi: persentase keterampilan bernyanyi siswa pada siklus I 20% mengalami peningkatan dari pra-siklus. Yang sebelumnya hanya 8 orang yang mendapat nilai “tuntas”menjadi 12 orang yang “tuntas” pada siklus I dengan persentase 57,2% jumlah siswa yang lulus. Pada siklus II setelah peneliti melakukan refleksi dari siklus I, mununjukkan 28,5% mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya. Yang pada siklus I 12 orang yang mendapatkan nilai “tuntas” menjadi 18 orang yang mendapatkan nilai “tuntas” dengan persentase jumlah kelulusan sebanyak 85,7%. Dengan demikian hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa melalui kegiatan ekstrakurikuler paduan suara dapat meningkatkan keterampilan bernyanyi siswa kelas VII. A di SMP Negeri 3 Maiwa Kabupaten Enrekang. Kata kunci: Keterampilan bernyanyi, olah vokal (vocalising), ekstrakurikuler, dan paduan suara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 13 Feb 2020 07:42
Last Modified: 13 Feb 2020 07:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17023

Actions (login required)

View Item View Item