PROSES PEMBUATAN TENNONG – TENNONG SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN ALAT MUSIK TRADISIONAL DI KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN

Rezaldi, Ahmad (2018) PROSES PEMBUATAN TENNONG – TENNONG SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN ALAT MUSIK TRADISIONAL DI KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
AHMAD REZALDI, 1382041028, 2018.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ahmad Rezaldi, 2018. Proses Pembuatan Tennong-Tennong Sebagai Upaya Pelestarian Alat Musik Tradisional Di Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan. Skripsi yang dibimbing oleh Hamrin S.Pd, M.Sn. dan Bau Salawati S.Pd, M.Sn. Program Studi Pendidikan Sendratasik Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana proses pembuatan alat musik Tennong-Tennong di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembuatan alat musik Tennong-Tennong di Kabupaten Pangkajene dan Kepulaun. Variabel dalam penelitian ini diantaranya bagaimana proses pembuatan alat musik Tennong-Tennong di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Desain dalam penelitian ini adalah desain penelitian kualitatif. Sasaran dalam penelitian ini tentang bagaimana proses pembuatan alat musik Tennong-Tennong sebagai upaya pelestarian alat musik tradisional di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Responden dalam penelitian adalah A. Tenriani. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik non statistic atau analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa proses pembuatan alat musik tradisional Tennong-Tennong melalui beberapa tahap. Tahap pertama pemilihan bahan dan membersihkan bahan. Tahap kedua memotong dan membelah bahan. Tahap ketiga proses pengeringan bahan. Tahap keempat menyusun dan mencari bunyi. Tahap kelima proses pelubangan. Tahap keenam proses pengaitan. Kata kunci : Proses, Pembuatan, Tennong-Tennong.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 13 Feb 2020 07:38
Last Modified: 13 Feb 2020 07:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17021

Actions (login required)

View Item View Item