PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PERMAINAN LUDO AKUNTANSI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X AK SMK NEGERI 1 SINJAI

Muharrika, Roidah (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PERMAINAN LUDO AKUNTANSI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X AK SMK NEGERI 1 SINJAI. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel Skripsi_ROIDAH MUHARRIKA_UNM.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan permainan Ludo Akuntansi terhadap aktivitas belajar siswa kelas X AK SMK Negeri 1 Sinjai. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan permainan Ludo Akuntansi (X) dan aktivitas belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X AK di SMK Negeri 1 Sinjai yang berjumlah 61 siswa yang juga merupakan sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear sederhana, analisis koefisien determinasi, dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan pada persamaan analisis regresi linear sederhana diperoleh persamaan Y=32,977+0,557X, dimana setiap penambahan 1 model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan ludo akuntansi, maka nilai aktivitas belajar siswa siswa kelas X kompetensi keahlian akuntansi di SMK Negeri 1 Sinjai bertambah sebesar 0,557. Dari hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan nilai sebesar 0,354, artinya bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan ludo akuntansi memiliki pengaruh kontribusi sebesar 35,4 persen terhadap aktivitas belajar siswa kelas X AK SMK Negeri 1 Sinjai. Dan hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikan 0,000<0,05, berarti model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan ludo akuntansi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap aktivitas belajar sehingga dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis penelitian diterima. Kata kunci : Team Games Tournament (TGT), Permainan Ludo Akuntansi, Aktivitas Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 13 Feb 2020 06:04
Last Modified: 13 Feb 2020 06:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17014

Actions (login required)

View Item View Item