Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Sungguminasa”

Asriani, Tahir (2014) Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Sungguminasa”. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Asriani Thahir..doc

Download (28kB)

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) proses dan hasil penerapan pembelajaran langsung dalam pembelajaran menulis teks eksposisi, (2) proses dan hasil penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran menulis teks eksposisi, (3) perbedaan secara signifikan keterampilan menulis teks eksposisi antara yang menerapkan pembelajaran langsung dengan yang menerapkan model pembelajaran berbasis proyek peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Sungguminasa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu true eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Sungguminasa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X yang berjumlah 239 orang Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak dengan teknik penentuan sampel yaitu propotional random sampling dan sampel yang terpilih sebanyak 70 orang. Instrumen berupa rancangan penelitian dan pedoman menulis teks eksposisi. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes tertulis. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan pembelajaran langsung dengan menunjukkan sikap proaktif dan bertanggung jawab yang ditunjukkan peserta didik kurang dominan yang aktif tidak berpengaruh positif terhadap hasil kemampuan menulis teks eksposisi dengan nilai rata-rata 50,73 berada pada kategori sangat rendah (2) penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan menunjukkan sikap proaktif dan bertanggung jawab peserta didik yang lebih dominan aktif berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks eksposisi peserta didik dengan nilai rata-rata 77,64 berada pada kategori sedang (3) ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran menulis teks eksposisi dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek dan menerapkan pembelajaran langsung dengan nilai rata-rata pada kelas ekperimen 77,64 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol 50,73. Hasil uji hipotesis menggunakan analisis inferensial jenis uji-t independen diperoleh t hitung 14,293 > t tabel 2,04 maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima dan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Sungguminasa.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:04
Last Modified: 25 Apr 2016 06:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17

Actions (login required)

View Item View Item