Nilai Pendidikan Moral Dalam Kisah I Kukang Karya A. Gani

Aliullah, Rachmat and Daeng, Kembong and Faisal, Muh. (2020) Nilai Pendidikan Moral Dalam Kisah I Kukang Karya A. Gani. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
1455041016 Nilai Pendidikan Moral Dalam Kisah I Kukang Karya A. Gani .JURNAL.ARTIKEL.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

, 2019 “Nilai Pendidikan Moral dalam Kisah I Kukang karya A. Gani”. Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar, (dibimbing oleh dan ). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai pendidikan moral yang terdapat dalam Kisah I Kukang karya A. Gani. Secara rinci, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap aspek kebaikan dan keburukan yang terkandung dalam Kisah I Kukang karya A. Gani. Penelitian ini menggunakan desain dekriptif kualitatif. Desain peneliatian ini digunakan untuk mengunkap nilai pendidikan moral yang terdapat dalam Kisah I Kukang karya A. Gani. Yang dimaksud desain deskriptif kualitatif yang bersifat eksploratif adalah rancangan yang bersifat menggambarkan suatu gejala, proses atau keadaan yang tidak menggambarkan angka-angka atau statistik. Setelah melakukan analisis sesuai dengan teknik analisis data, ditemukan gambaran bahwa aspek kebaikan yang terkandung dalam kisah I Kukang karya A. Gani yaitu: Kepedulian (Sikarimanngi), penyayang (manngamaseang), kesopan santunan (sipakalakbirik), rajin (siga), cerdas (carakdek), dan menasihati (sipakaingak). Sedangkan aspek keburukan yaitu kekikiran (sekkek), sombong (ngoa), dan angkuh (borro). nilai moral buruk atau sikap dan tingkah laku tokoh-tokoh yang kurang terpuji, baik mereka berlaku sebagai tokoh antagonis atau protagonis, tidaklah berarti bahwa pengarang menyarankan kepada pembaca untuk bersikap dan bertindak secara demikian. Sikap dan tingkah laku tokoh tersebut hanyalah model, model yang kurang baik, dan sengaja ditampilkan justru agar tidak diikuti, atau minimal tidak dicenderungi, oleh pembaca. Pembaca diharapkan dapat mengambil hikmah sendiri dari cerita tentang tokoh “jahat” itu. Eksistensi sesuatu yang baik, biasanya, justru akan lebih mencolok jika dikonfrontasikan dengan sebaliknya. Kata kunci : Pendidikan, Moral, Pau-pau

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 12 Feb 2020 07:54
Last Modified: 12 Feb 2020 07:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16993

Actions (login required)

View Item View Item