PENINGKATAN KEMAMPUAN MENARI TARI PAJAGA ANDI DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DENGAN METODE PERAGAAN PADA SISWA KELAS X SMAN 14 BONE

KHAERI, UMMUL (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENARI TARI PAJAGA ANDI DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DENGAN METODE PERAGAAN PADA SISWA KELAS X SMAN 14 BONE. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (444kB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENARI TARI PAJAGA ANDI DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DENGAN METODE PERAGAAN PADA SISWA KELAS X SMAN 14 BONE UMMUL KHAERI , NIM 1182040041 Mahasiswa S1 Pendidikan Sendratasik Fakultas Seni Dan Desain , Universitas Negeri Makassar Dr. Sumiani,M. Hum1Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar Dr. Hj. Heriyati Yatim,M.pd2Fakultas Seni Dan Desain, Universitas Negeri Makassar ABSTRAK Penelitian ini adalah mendeskripsikan permasalahan penelitian dijelaskan dalam beberapa aspek yaitu (a) Mendeskripsikan penerapan metode peragaan tari Pajaga Andi dalam meningkatkan keterampilan menari pada siswa kelas X SMA Negeri 14 Bone. (b) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan menari tari Pajaga Andi siswa dengan metode peragaan. Penelitiannya difokuskan kepada bagaimana penerapan dan peningkatan metode peragaan pada keterampilan menari tari Pajaga Andi siswa kelas X SMA Negeri 14 Bone. Pendekatan yang penulis lakukan adalah dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun dalam proses pengumpulan data, penulis membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai acuan dasar dan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi pada setiap pertemuan dalam penelitian. Sehingga, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif sederhana sebagai cara untuk menganalisis rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini. Metode ini digunakan untuk mendapatkan hasil penelitian sebagai berikut: (a) Penerapan metode peragaan di SMA Negeri 14 Bone terbukti dapat meningkatkan keterampilan menari peserta didik dengan indikator sebagai berikut: keterampilan peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II. Hal ini terbukti dari meningkatnya skor wiraga yaitu dari 3,08 meningkat menjadi 3,31; wirama yaitu dari 3,34 menjadi 3,68 dan wirasa peserta didik yaitu dari skor 2,11 menjadi 2,4. skor tersebut diperoleh dari tes penampilan yang dilaksanakan setiap akhir siklus I dan siklus II. (b) Peningkatan keterampilan menari tari Pajaga Andi menunjukkan bahwa kemandirian belajar peserta didik dalam meningkatkan keterampilan menari mengalami peningkatan dari sebelum pelaksanaan tindakan dengan setelah pelaksanaan tindakan. Peserta didik yang semula belajar masih bergantung dari guru, setelah pelaksanaan tindakan peserta didik mampu belajar mandiri bersama teman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 12 Feb 2020 07:52
Last Modified: 12 Feb 2020 07:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16991

Actions (login required)

View Item View Item