PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SENI TARI SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DI KELAS VII A SMP NEGERI 2 LILIRILAU KABUPATEN SOPPENG

Ufriani, Ufriani (2018) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SENI TARI SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DI KELAS VII A SMP NEGERI 2 LILIRILAU KABUPATEN SOPPENG. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL UFRI.pdf

Download (703kB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SENI TARI SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DI KELAS VII A SMP NEGERI 2 LILIRILAU KABUPATEN SOPPENG Ufriani 1482040015 Program Pendidikan Sendratasik Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar ABSTRAK Ufriani. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Tutor Sebaya (Penerapan pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng). Penelitian ini bertujuan menjawab masalah : (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni tari kelas VII A SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng?. (2) Bagaimana peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni tari kelas VII A SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng setelah penerapan model pembelajaran tutor sebaya?.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung dari bulan Juli sampai dengan bulan September 2018. Penelitian ini terdiri atas dua siklus, masing-masing dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Yang terlibat dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah peneliti dan subyek penelitian yakni siswa kelas VII A SMPN 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, observasi, wawancara, dan tes kinerja.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar seni budaya berupa tes kinerja (keterampilan) seni tari peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut : (1) Setelah penerapan model pembelajaran tutor sebaya pada siklus 1 dan siklus 2 terlihat jelas bahwa tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa semakin meningkat. Perencanaan dan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dapat meningkat. (2) Rata-rata Peningkatan observasi keaktifan belajar siswa pada siklus 1 yaitu 18 siswa dengan persentase 56,25% sedangkan pada siklus 2 yaitu 28 siswa dengan persentase 87,5% . Sedangkan nilai rata-rata peningkatan hasil belajar siswa sebelum tindakan yaitu 33,42 dengan persentase 39,32%, nilai rata-rata pada siklus 1 yaitu 69,56 dengan persentase 40,625% mengalami peningkatan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus 2 yaitu 81,97 dengan persentase 93,75%.Berdasarkan data-data diatas dapat ditunjukkan bahwa penerapan model tutor sebaya dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar seni tari bagi siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 12 Feb 2020 07:50
Last Modified: 12 Feb 2020 07:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16990

Actions (login required)

View Item View Item