Perancangan Pembelajaran Teknik Olah Dasar Teater pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 4 Barru

Kumalasari, Rezky (2018) Perancangan Pembelajaran Teknik Olah Dasar Teater pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 4 Barru. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
jurnal rizqa aulia.pdf

Download (554kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rezky Kumalasari. 2018. “Skripsi”. “Perancangan Pembelajaran Teknik Olah Dasar Teater pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 4 Barru”. Program Studi Pendidikan Sendratasik, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan perangkat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh perangkat pembelajaran yang yang valid dan nantinya akan digunakan pada pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler teater. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah perangkat pembelajaran dalam hal ini Rancangan Perangkat Pembelajaran (RPP) yang sudah ada dan direvisi kembali oleh peneliti. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Barru. Subjek penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 6 siswa dengan kemampuan berteater beragam. Hasil penelitian ini menggunakan model 4-D (Four D Model) yang dikemukakan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi terdiri dari empat tahap. Keempat tahap tersebut adalah tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun pengembangan perangkat dalam penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan saja. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP dengan tahapan; (a) tahap pendefinisian yaitu melakukan analisis awal-akhir, analisis anggota ekstrakurikuler, mater, setra analisis tugas, (b) perencanaan yaitu perancangan prototipe perangkat pembelajaran dengan langkah penyususnan tes, memilih media pembelajaran yang dianggap cocok, dan menentukan format perangkat pembelajaran, (c) pengembangan yaitu melakukan revisi terhadap perangkat pembelajaran sesui saran validator dengan data penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperolehlah data kevalidan RPP berkategori valid (3,4) selanjutnya di lakukan uji coba perangkat pada 6 anggota ekstrakurikuler teater SMA Negeri 4 Barru dengan memperhatikan kemampuan berteater anggota dengan materi pokok olah tubuh, olah suara, dan olah rasa pada saat pelaksanaan pembelajaran teater menggunakan perangkat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 12 Feb 2020 07:36
Last Modified: 12 Feb 2020 07:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16982

Actions (login required)

View Item View Item