PELATIHAN MUSIK PADA SANGGAR SENI TUMABUTTAYA RI BANTAYAN SEBAGAI BENTUK PENGEMBANGAN MINAT BAKAT SISWA SMK NEGERI 3 BANTAENG

SIGARA, RANI (2018) PELATIHAN MUSIK PADA SANGGAR SENI TUMABUTTAYA RI BANTAYAN SEBAGAI BENTUK PENGEMBANGAN MINAT BAKAT SISWA SMK NEGERI 3 BANTAENG. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

RANI SIGARA , NIM 1182040171 Mahasiswa S1 Pendidikan Sendratasik Fakultas Seni dan Desain , Universitas Negeri Makassar Hamrin samad, S.Pd,M.Sn 1Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar Kaeruddin, S.Sn,M.Pd 2Fakultas Seni Dan Desain, Universitas Negeri Makassar ABSTRAK Rani Sigara 2018, Pola pelatihan Sanggar Seni dalam pengembangan minat bakat musik pada siswa SMK Negeri 3 bantaeng. Skripsi program studi Pendidikan Sendratasik Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makasar (UNM). Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk memperoleh data tentang (1) Bagaimana pola pelatihan sanggar seni Tumabuttaya Ri Bantayan meningkatkan efektifitas terhadap penguasaan siswa dalam pelatihan seni musik (2) Bagaimana sanggar seni Tumabuttaya Ri Bantayan dalam mengembangkan minat dan bakat musik pada siswa SMK Negeri 3 Bantaeng. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tinjauan pustaka.Selanjutnya disusun menjadi uraian (deskripsi) untuk dikaji lebih lanjut atau diadakan analisis data. Observasi dilakukan pada saat penelitian berlangsung kemudian data diperoleh dan dianalisis secara deskriptif. Dari data kualitatif dapat diperoleh tentang: Pola pelatihan sanggar seni dalam pengembangan minat bakat musik pada siswa smk negeri 3 bantaeng, dimana sanggar seni tumabuttaya Ri Bantayan melakukan beberapa kegiatan yaitu melakukan rekruitmen dalam setiap satu tahun sekali dan tidak hanya itu sanggar ini juga mengadakan regenerasi sebagai tanggung jawab keorganisasian di dalam sanggar seni Tumabuttaya Ri Bantayan agar menciptakan generasi-generasi kelanjutan. Didalam sanggar seni Tumabuttaya Ri bantayan juga mengadakan penggarapan-penggarapan musik khususnya musik pada iringan sauatu tarian, tidak hanya itu sanggar seni Tumabuttaya Ri Bantayan juga menggarap musik iringan tari khas dari daerah Kabupaten bantaeng yaitu tari Pajonga (berburu rusa). Tidak hanya sebatas menggarap saja, sanggar seni Tumabuttaya Ri bantayan juga mementaskan karya garapannya dalam ajang lomba maupun ajang pementasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 12 Feb 2020 07:29
Last Modified: 12 Feb 2020 07:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16978

Actions (login required)

View Item View Item