PENDEKATAN PLAY-BASED ACTIVITIES (BERMAIN SAMBIL BELAJAR) DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TARI SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN BAKAT DI SD TELKOM MAKASSAR

Amelia, Putri (2018) PENDEKATAN PLAY-BASED ACTIVITIES (BERMAIN SAMBIL BELAJAR) DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TARI SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN BAKAT DI SD TELKOM MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjawab masalah (1) Untuk mengetahui proses belajar ekstrakurikuler tari sebagai upaya pengembangan bakat melalui pendekatan play-based activities di SD Telkom Makassar. (2) Untuk mengetahui hasil belajar ekstrakurikuler tari sebagai upaya pengembangan bakat melalui pendekatan play-based activities di SD Telkom Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif . Penelitian ini yang menjadi sasaran adalah siswa yang belajar pada ekstrakurikuler tari di SD Telkom Makassar. Teknik pengumpulan data adalah studi pustaka, observasi, dan tes praktik. Teknik analisi data menerapkan analisi data kuantitatif (statistik) yang merupakan cara mengolah informasi data (kuantitatif) yang berhubungan dengan angka-angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses belajar ekstrakurikuler tari sebagai upaya pengembangan bakat melalui pendekatan Play-Based Activities di SD Telkom Makassar yang meliputi kesiapan pendidik dan peserta didik. Peneliti telah melaksanakan proses pembelajaran dengan pendekatan Play-Based Activities dengan menggunakan langkah-langkah pembelajaran selama empat hari, yaitu: pertemuan pertama dengan pemberian materi dasar 4 etnis suku Makassar dan permainan kipas dam lagu anging mammiri. Pertemuan kedua dengan pemberian materi dasar 4 etnis suku bangsa dan permainan baby shark pertemuan ketiga dengan pemberian materi 4 etnis suku Mandar dan Toraja. Pertemuan keempat pemberian evaluasi hasil pembelajaran tari empat etnis. (2) Hasil belajar ekstrakurikuler tari sebagai upaya pengembangan bakat melalui pendekatan play-based activities di SD Telkom Makassar . Berdasarkan tolak ukur penilaian dalam dunia tari sebagai upaya pengembangan bakat melalui pengembangan play-based Activities di SD Telkom Makassar. Berdasarkan tolak ukur penilaian dalam dunia tari yakni menggunakan 3 kategori, diantaranya adalah wiraga, wirama, dan wirasa. Hasil tes praktek seluruh siswa yang berjumlah 20 siswa yang mampu memperoleh nilai 100 sebagai nilai maksimal. Nilai medium yaitu 83 sebanyak 12 orang siswa yang memperoleh nilai minimum yaitu 75.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 12 Feb 2020 07:28
Last Modified: 12 Feb 2020 07:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16977

Actions (login required)

View Item View Item