PENINGKATAN MINAT SISWA LAKI-LAKI PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DENGAN METODE TUTOR SEBAYA PADA KELAS VIII B DI SMP NEGERI 2 BANTAENG

RAHMI, NUR (2018) PENINGKATAN MINAT SISWA LAKI-LAKI PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DENGAN METODE TUTOR SEBAYA PADA KELAS VIII B DI SMP NEGERI 2 BANTAENG. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL RAHMI.pdf

Download (431kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK NUR RAHMI, Peningkatan Minat Siswa Laki – Laki Pada Pembelajaran Seni Tari Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Kelas VIII B di SMPN 2 Bantaeng. Skripsi Jurusan Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menjawab masalah: (1) Penerapan metode tutor sebaya yang dapat meningkatkan minat siswa laki-laki terhadap Pembelajaran Seni Tari Pada Kelas VIII B di SMPN 2 Bantaeng. (2) Tingkat minat siswa laki-laki terhadap pembelajaran seni tari setelah diterapkan metode tutor sebaya Pada Kelas VIII B di SMPN 2 Bantaeng. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: studi pustaka dengan membaca beberapa jurnal yang berkaitan dengan judul penelitian, peneliti melakukan observasi awal pada saat melakukan observasi di lapangan peneliti mendapat bantuan 2 observer yang mengamati proses penelitian berlangsung, memberikan tes unjuk kerja kemudian dokumentasi. Hasil penelitian: (1) Penerapan metode tutor sebaya dilaksanakan sebanyak II Siklus karena pada Siklus I belum mencapai KKM sehinggah dilaksanakanlah Siklus II, setelah diberikan tindakan dengan tambahan metode pendekatan untuk membantu keberhasilan dan meningkatkan minat siswa laki-laki kelas VIII B di SMPN 2 Bantaeng dalam pembelajaran seni tari (Tari Saman). Hal ini terbukti secara empiris bahwa sebelum penerapan tindakan hanya 30% yang berminat dan setelah pelaksanaan tindakan meningkat menjadi 90%. (2) Hasil dari Penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa laki-laki kelas VIII B di SMPN 2 Bantaeng dalam pembelajaran seni tari (Tari Saman) dengan penggunaan siklus I dan II. Hal ini terbukti secara empiris pada siklus I terdapat 50% siswa laki-laki yang mencapai KKM penelitian yang diterapkan, dan pada siklus II meningkat 100%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 12 Feb 2020 07:17
Last Modified: 12 Feb 2020 07:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16972

Actions (login required)

View Item View Item