UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA LAKI-LAKI TERHADAP PEMBELAJARAN SENI TARI MELALUI TARI MA’RANDING DENGAN METODE PEMBELAJARAN DIRECT DI KELAS X SMAN 1 KELARA

Rahayu, Mustika (2018) UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA LAKI-LAKI TERHADAP PEMBELAJARAN SENI TARI MELALUI TARI MA’RANDING DENGAN METODE PEMBELAJARAN DIRECT DI KELAS X SMAN 1 KELARA. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Untitled.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mustika Rahayu, 2018, Upaya Meningkatkan Minat Siswa Laki-Laki Terhadap Pembelajaran seni Tari Melalui Tari Ma’randing dengan metode pembelajaran direct Di Kelas X SMAN 1 Kelara. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sendratasik Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Pembimbing Dr. Hj Heriyati Yatim, dan Andi Ihsan S.Sn. M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data yang lengkap tentang: 1) Bagaimana penerapan tari Ma’randing dengan metode pembelajaran direct untuk meningkatkan minat siswa laki-laki terhadap pembelajaran seni tari di kelas X SMAN 1 Kelara. 2) Bagaimana hasil peningkatan minat siswa laki-laki terhadap pembelajaran seni tari melalui tari Ma’randing dengan metode pembelajaran direct di kelas X SMAN 1 Kelara. Penelitian ini adalah penelitian bentuk PTK dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan angket. Subjek penelitian adalah siswa laki-laki kelas X.mipa.1 dan X.Mipa.5 sebanyak 31 orang. Data-data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif deskriptif dimana data hasil penelitian disajikan dengan bentuk persentase dan langkah-langkah penerapan metode pembelajaran direct dengan mengajarkan tari Ma’randing disajikan dalam bentuk deskripsif. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) penerapan tari Ma’randing dengan metode pembelajaran direct untuk meningkatkan minat siswa laki-laki terhadap pembelajaran seni tari di kelas X SMAN 1 Kelara dilakukan dengan 2 tahapan siklus. Pada siklus I peneliti mengajarkan tari Ma’randing sesuai dengan langkahlangkah metode pembelajaran direct dengan hasil yang masih rendah yang didapatkan dari hasil lembar observasi siklus I dengan persentase 43,5% minat laki-laki terhadap pembelajaran seni tari. Berdasarkan hasil tersebut peneliti melanjutkan tindakan pada siklus II. Hasil lembar observasi dari siklus II menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dimana persentase minat siswa laki-laki terhadap pembelajaran seni tari mencapai angka 80,2%. 2) Hasil peningkatan minat siswa laki-laki terhadap pembelajaran seni tari melalui tari Ma’randing dengan metode pembelajaran direct di kelas X SMAN 1 Kelara sangat memuaskan (berhasil) diukur dari pemberian angket kepada siswa lakilaki. Angket berisi 23 butir pernyataan dengan mengacu pada 4 indikator minat yaitu aktif, konsentrasi, perasaan senang dan perhatian. Pemberian angket dilakukan pada pra siklus dan pasca siklus. Hasil dari angket prasiklus menunjukkan tingkat persentase 48,4% siswa yang memiliki minat terhadap pembelajaran seni tari. Hasil angket pasca siklus penerapan tari Ma’randing menggunakan metode pembelajaran direct menunjukkan peningkatan yang memuaskan yaitu dengan tingkat persentase mencapai 90,3%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 12 Feb 2020 07:08
Last Modified: 12 Feb 2020 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16967

Actions (login required)

View Item View Item