Analisis Kualitas Soal Try Out Mata Pelajaran Matematika pada Jurusan IPA SMA Negeri Rantepao Kabupaten Toraja Utara

MELLOLO, YONATHAN (2014) Analisis Kualitas Soal Try Out Mata Pelajaran Matematika pada Jurusan IPA SMA Negeri Rantepao Kabupaten Toraja Utara. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
YONATHAN MELLOLO.docx

Download (16kB)

ABSTRAK YONATHAN MELLOLO. 2014, Analisis Kualitas Soal Try Out Mata Pelajaran Matematika pada Jurusan IPA SMA Negeri Rantepao Kabupaten Toraja Utara (dibimbing oleh Baso Intang Sappaile dan Kaharuddin Arafah). Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kualitas soal Try Out Mata Pelajaran Matematika pada Jurusan IPA SMA Negeri Rantepao Kabupaten Toraja Utara ditinjau dari (i) validitas isi, (ii) validitas muka, (iii) karakteristik butir yang meliputi: tingkat kesukaran, daya pembeda butir, efektifitas option, (iv) validitas item dan (v) reliabilitas. Populasi penelitian ini adalah 200 butir soal yang tersebar dalam 5 paket soal Try Out Mata Pelajaran Matematika pada Jurusan IPA SMA Negeri Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Metode sampling yang digunakan adalah simpel random sampling. Sampel yang terambil secara acak adalah soal paket 01 dengan jumlah responden 80 jawaban siswa yang berasal dari SMA Negeri 1 Rantepao 38 jawaban siswa dan SMA Negeri 2 Rantepao 42 jawaban siswa. Analisis Kualitatif menggunakan validasi pakar dan analisis kuantitatif menggunakan teori tes klasik. Pada analisis validasi pakar menunjukkan bahwa kesahihan yang diperoleh untuk soal Try Out yaitu 95,7%, sedangkan analisis kuantitatif dengan menggunakan teori klasik diperoleh 27,5% tingkat kesukaran berkategori sedang dan 72,5% berkategori sukar. Daya pembeda soal diperoleh 2,5% berkategori sangat baik, 22,5% berkategori baik, 27,5% berkategori cukup dan 47,5% berkategori buruk. Efektifitas kunci terdiri dari 37,5% efektif dan 62,5% tidak efektif, sedangkan untuk efektifitas pengecoh terdiri dari 12,5% kategori efektif dan 87,5% berkategori tidak efektif atau perlu direvisi. Jumlah butir soal yang dinyatakan valid 20 dan tidak valid 20. Koefisien reliabilitas tergolong masih rendah yaitu 0,6. Berdasarkan hasil analisis penulis menyarankan untuk meningkatkan kualitas soal perlu dilakukan proses pengembangan yang memenuhi kriteria standar pengembangan soal. ABSTRACT YONATHAN MELLOLO. 2014. Analysis on the Quality of Try Out on Mathematics Subject in Science Department at Public Senior High School Rantepao in North Toraja District ( supervised by Baso Intang Sappaile and Kaharuddin Arafah). The study aims at discovering the discription of the qualityof questions in Try Out on Mathematics subject in scince (IPA) Departement at Public Senior High School (SMAN) Rantepao in North Toraja district based on (i) content validity, (ii) cover validity, (iii) item characteristics which cover level of difficulty, item differentiator, option effectiveness, (iv) item validity, and (v) reliability. The population of the study was 200 items of questions spread in 5 packages of Try Out on Mathematics subject in IPA Departement at SMAN Rantepao in North Toraja district. The sampling method used was simple random sampling. The sample taken randomly was questions of package 01 with 80 respondents consisted of 38 students’ answers from SMAN 1 Rantepao and 42 students’ answers from SMAN 2 Rantepao. Data were analyzed by employing qualitative analysis from expert validation and quantitative analysis using classical test theory. The expert validation analysis shows the questions of Try Out is valid by 95.7%; whereas, qualitative analysis obtains 27.5%, the level of difficulties is categorized as fair and difficult by 72.5%. The differentiator of question obtains 2.5% in ecxellent category, 22.5% in good category, 27.5% in fair category, and 47.5% in poor categoty. The effectiveness of keys consist of 37.5% effecvive and 62.5% ineffective; whereas, the effectiveness of distracter consist of 12.5% effective and 87.5% ineffective or need revision. The number of valid questions is 20 and invalid is 20 as well Co-effectien of reliability is considered as low by 0.6. Based on the result of analysis, the researcher suggests that in order to improve the quality of questions, development process which fulfills standard criteria of questions development is needed.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Penlitian dan evaluasi Pendidikan
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Dec 2016 01:12
Last Modified: 09 Dec 2016 01:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1696

Actions (login required)

View Item View Item