PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENI TARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII.A DI SMP NEGERI 2 MARIORIWAWO

Lisnawati, Lisnawati (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENI TARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII.A DI SMP NEGERI 2 MARIORIWAWO. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL LISNAWATI 1382041004.pdf

Download (996kB) | Preview

Abstract

Abstrak Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model Cooperatif tipe mind map dalam pembelajaran seni tari untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.A SMP Negeri 2 Marioriwawo. (2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni tari setelah penerapan model pembelajaran Cooperatif tipe mind map pada kelas VII.A SMP Negeri 2 Marioriwawo. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung dari bulan Maret sampai dengan Mei 2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.A dengan jumlah siswa 28 orang. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan observasi, tes unjuk kerja, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif meskipun pada analisis datanya juga menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari analisis statistika deskriptif adalah yaitu: (1) Penerapan model Cooperatif tipe mind mapping dalam pembelajaran seni tari siswa kelas VII.A SMP Negeri 2 Marioriwawo yang dilaksanakan oleh peneliti selama 2 siklus pada realitanya sudah terlaksana dengan sangat baik. Hal ini terlihat pada hasil obsevasi aktivitas guru selalu menigkat pada setiap siklusnya. Skor rata-rata yang diperoleh pada siklus I dan II terjadi peningkatan secara signifikan dari 3,03 dengan persentase 76% menjadi 3,73 dengan persentase 97, (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni tari setelah penerapan model pembelajaran Cooperatif tipe mind mapping pada kelas VII.A SMP Negeri 2 Marioriwawo mengalami peningkatan secara signifikan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil yang diperoleh siswa pada prasiklus hanya 4 siswa yang berada pada kategori tuntas dengan persentase 14% dengan rata-rata nilai yang diperoleh siswa sebanyak 51,19, pada siklus I mengalami peningkatan sebanyak 12 siswa yang berada pada kategori tuntas dengan persentase 43% dengan rata-rata nilai yang diperoleh sebanyak 68, sedangkan pada siklus II siswa yang berada dalam kategori tuntas sebanyak 21 siswa dengan persentase 75% dengan rata-rata nilai yang diperoleh sebanyak 83,33. Kata Kunci : Hasil Belajar, Seni Tari, Mind Mapping

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 12 Feb 2020 04:33
Last Modified: 12 Feb 2020 04:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16952

Actions (login required)

View Item View Item