Evaluasi Program Pembelajaran IPS di SDN Se-Wilayah IV Kecamatan Donri Donri Kabupaten Soppeng

SALMAWATI, SALMAWATI (2015) Evaluasi Program Pembelajaran IPS di SDN Se-Wilayah IV Kecamatan Donri Donri Kabupaten Soppeng. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
SALMAWATI.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK SALMAWATI. Evaluasi Program Pembelajaran IPS di SDN Se-Wilayah IV Kecamatan Donri Donri Kabupaten Soppeng. (dibimbing oleh Prof. Dr. H. Patta Bundu, M. Ed dan Prof. Dr. Jokebet Saludung, M. Pd). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Program Pembelajaran IPS di SDN Se-Wilayah IV Kecamatan Donri Donri Kabupaten Soppeng dilihat dari aspek perencanaan, fasilitas belajar, kinerja guru dan iklim belajar, serta hasil belajar IPS. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi yang menggunakan Model CIPP(Context, Input, Proces, Product). Subjek evaluasi ini ialah Guru dan Peserta Didikdi SDN Se-Wilayah IV Kecamatan Donri Donri Kabupaten Soppeng Tahun Pelajaran 20014/2015. Penelitian dilaksanakan di SDN Se-Wilayah IV Kecamatan Donri Donri Kabupaten Soppeng. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, observasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Perencanaan Program Pembelajaran IPS di SDN Se-Wilayah IV Kecamatan Donri Donri Kabupaten Soppeng berada pada kualifikasi kurang. Fasilitas Pembelajaran IPS di SDN Se-Wilayah IV Kecamatan Donri Donri Kabupaten Soppeng berada pada kualifikasi sangat baik. Proses Pembelajaran IPS di SDN Se-Wilayah IV Kecamatan Donri Donri Kabupaten Soppeng berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil Belajar IPS di SDN Se-Wilayah IV Kecamatan Donri Donri Kabupaten Soppeng berada pada kualifikasi baik. Kata Kunci: Program Pembelajaran IPS, Model CIPP, SDN Se-Wilayah IV Kecamatan Donri-Donri ABSTRACT SALMAWATI, 2015. Evaluation on Social Science Learning Program at SDN Regional IV in Donri-Donri Subdistrict of Soppeng District (supervised by Patta Bundu and Jokebet Saludung). This research aims at describing IPS (Social Science) learning program at SDN Regional IV in Donri-Donri subdistrict of Soppeng district based on the aspects of context, input, process, and product. This research is evaluation research which uses CIPP model (Context, Input, Process and Product). The subjects of the research were teacher and students at SDN Regional IV in Donri-Donri subdistrict in Soppeng district. Data was collected by using quessionaries, observation, and document analysis. Data was analyzed quantitatively by conducting data collection, data reduction, data presentation, and conclution. This result of the research reveals that IPS Program planning is in poor category, social learning fasilities is in exelent category, teacher’ performances and class condition in IPS learning process is already in exelent category, and OPS learning outcomes at SDN regional IV in Donri-Donri subdistrict of Soppeng district is in good category. Keywords: IPS Learning Program, CIPP Model, SDN Regional IV in Donri-Donri subdistrict

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Penlitian dan evaluasi Pendidikan
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Dec 2016 01:09
Last Modified: 09 Dec 2016 01:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1695

Actions (login required)

View Item View Item