PENGARUH LATIHAN STATIS DAN DINAMIS TERHADAP PERUBAHAN TEKANAN DARAH PADA ATLET HOCKEY FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

RASNAL, MUHAMMAD ALFARABY (2020) PENGARUH LATIHAN STATIS DAN DINAMIS TERHADAP PERUBAHAN TEKANAN DARAH PADA ATLET HOCKEY FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

MUHAMMAD ALFRABY RASNAL, 2019, Pengaruh Latihan Statis dan Dinamis Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Atlet Hockey Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. SKRIPSI Program Studi Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Abd. Rahman dan Wahyudin) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh latihan statis dan dinamis terhadap perubahan tekanan darah pada atlet hockey FIK UNM. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan bersifat eksperimen dengan teknik matched subject design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet Hockey Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar, jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 atlet dan teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan porposive sampling yaitu penarikan sampel yang dilakukan memilih subjek berdasarkan kriteria spesifik yang ditetapkan peneliti. Variabel dalam penelitian ini yaitu tekanan darah darah dan latihan statis dan dinamis atlet Hockey Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan aplikasi SPSS dengan taraf signifikasi 0,05. Berdasarkan hasil data yang diolah dengan statistik maka didapatkan hasil uji t berpasangan bahwa pada perubahan tekanan darah awal latihan statis dan tekanan darah akhir latihan statis diperoleh nilai sig = 1,00 artinya (p>0,05), maka H0 diterima, artinya tidak ada pengaruh signifikan pada latihan statis terhadap perubahan tekanan darah awal dan akhir pada atlet Hockey Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar, sedangkan data perubahan tekanan darah awal latihan dinamis dan tekanan darah akhir latihan dinamis diperoleh nilai sig = 0,03 maka dinyatakan signifikan karena (p>0,05), maka H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada latihan dinamis terhadap perubahan tekanan darahawal dan akhir pada atlet Hockey Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh antara latihan statis dan dinamis terhadap perubahan tekanan darah pada atlet Hockey Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. Kata Kunci : Latihan statis, latihan dinamis, dan tekanan darah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > ILmu Keolahragaan
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 11 Feb 2020 07:19
Last Modified: 11 Feb 2020 07:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16928

Actions (login required)

View Item View Item