UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN BERNYANYI MENGGUNAKAN METODE SIGHT READING PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MAMASA

Adrian, Alvin (2018) UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN BERNYANYI MENGGUNAKAN METODE SIGHT READING PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MAMASA. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya meningkatan kemampuan bernyanyi menggunakan metode Sight Reading pada kelas VIII SMP Negeri 1 Mamasa. Permasalahan pada penelitian ini adalah belum maksimalnya pembelajaran bernyanyi yang diterapkan, hal ini dapat dilihat dari kurangnya jumlah siswa yang mampu mencapai nilai KKM yang telah ditentukan oleh kurikulum yaitu (>75). Penelitian ini terfokus pada (1). Bagaimana penerapan metode Sight Reading dalam upaya meningkatkan kemampuan bernyanyi pada kelas VIII SMP Negeri 1 Mamasa (2). Bagaimana peningkatan kemampuan bernyanyi melalui metode Sight Reading pada kelas VIII SMP Negeri1 Mamasa. Sight Reading pada penelitian ini terfokus pada bagaimana membaca sekaaligus menulis ritmis dan melodi, dimana ritmis dan melodi merupakan bagian penting dalam bernyanyi, Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan,pengamatan, dan reflesi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi, dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam pembelajaran bernyanyi perlu menggunakan metode dalam penerapannya agar pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal..(2) Berdasarkan indikator keberhasilan penelitian yaitu 80 % siswa (>75) maka kemampuan bernyanyi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mamasa dapat dikatakan meningkat setelah diterapakan metode Sight Reading hal ini dapat dilhat dari tabel peningkatan kemampuan bernyanyi. Dari 25 siswa pada pra siklus terdapat 8 (32%) siswa yang mendapat nilai (>75) dan 17 (68%) siswa yang mendapat nilai (<75). Setelah penerapan siklus 1 dan 2 dari 25 siswa terdapat 22 (88%) siswa yang mecapai nilai (>75) dan 3 (12%) siswa yangmendapat nilai (<75) Kata kunci: Peningkatan kemampuan, bernyanyi, sight reading

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 11 Feb 2020 04:42
Last Modified: 11 Feb 2020 04:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16909

Actions (login required)

View Item View Item