Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri 37 Model Parepare

Zainal, Zaid and Halik, Abdul and Madania, Madania (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri 37 Model Parepare. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3 (3). pp. 225-229. ISSN e-ISSN: 2597-4440 dan p-ISSN: 2597-4424

[img]
Preview
Text
jurnal JIKAP.pdf

Download (803kB) | Preview
[img]
Preview
Text
peer reviewer JIKAP PGSD.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (peer reviewer (Zaid Zainal)
peer reviewer artikel Pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap hasil belajar matematika.pdf

Download (933kB)
[img] Text (Korespondensi)
Email Universitas Negeri Makassar - pengaruh model trifinger.pdf

Download (78kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/view/10221

Abstract

Abstrak Penelitian ini menelaah tentang uji coba model pembelajaran treffinger pada mata pelajaran matematika siswa SD Negeri 37 Model Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap hasil belajar matematika siswa SD Negeri 37 Model Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan menggunakan desain Quasy Experimental dalam bentuk The Nonequivalent Pre-test Post-test Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel yaitu 67 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dalam bentuk pilihan ganda, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-Test diperoleh signifikansi 0,00 (0,00 < 0,05) dan hasil analisis dari uji t diperoleh nilai - thitung< - ttabel (-17,999 < -2,037) menunjukkan bahwa H0 ditolak yang artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa SD Negeri 37 Model Parepare antara sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran treffinger. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran treffinger berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa SD Negeri 37 Model Parepare. Kata kunci: Model pembelajaran Treffinger, hasil belajar matematika

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 09 Feb 2020 02:17
Last Modified: 28 Feb 2023 05:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16874

Actions (login required)

View Item View Item