Zainal, Zaid and Halik, Abdul and Madania, Madania (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri 37 Model Parepare. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3 (3). pp. 225-229. ISSN e-ISSN: 2597-4440 dan p-ISSN: 2597-4424
|
Text
jurnal JIKAP.pdf Download (803kB) | Preview |
|
|
Text
peer reviewer JIKAP PGSD.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (peer reviewer (Zaid Zainal)
peer reviewer artikel Pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap hasil belajar matematika.pdf Download (933kB) |
||
Text (Korespondensi)
Email Universitas Negeri Makassar - pengaruh model trifinger.pdf Download (78kB) |
Abstract
Abstrak Penelitian ini menelaah tentang uji coba model pembelajaran treffinger pada mata pelajaran matematika siswa SD Negeri 37 Model Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap hasil belajar matematika siswa SD Negeri 37 Model Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan menggunakan desain Quasy Experimental dalam bentuk The Nonequivalent Pre-test Post-test Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel yaitu 67 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dalam bentuk pilihan ganda, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-Test diperoleh signifikansi 0,00 (0,00 < 0,05) dan hasil analisis dari uji t diperoleh nilai - thitung< - ttabel (-17,999 < -2,037) menunjukkan bahwa H0 ditolak yang artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa SD Negeri 37 Model Parepare antara sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran treffinger. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran treffinger berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa SD Negeri 37 Model Parepare. Kata kunci: Model pembelajaran Treffinger, hasil belajar matematika
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Herling HR Sahade |
Date Deposited: | 09 Feb 2020 02:17 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 05:53 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16874 |
Actions (login required)
View Item |