PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DALAM KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 MAJENE

Nurmaulidiyah, Mutia (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DALAM KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 MAJENE. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel_Mutia Nurmaulidiyah.pdf

Download (634kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mutia Nurmaulidiyah. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Majene. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Ambo Dalle dan Syarifah Fathimah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, proses, dan hasil model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dalam keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI SMA Negeri 2 Majene. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Majene yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara dengan persentase nilai yang diperoleh siswa pada siklus I mencapai 60,88%, dan siklus II mencapai 75,64%. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI SMA Negeri 2 Majene. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Talking Stick

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 06 Feb 2020 07:08
Last Modified: 06 Feb 2020 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16857

Actions (login required)

View Item View Item