Efektivitas Pembelajaran Gambar Bentuk Indoor dan Outdoor siswa kelas VII MTs Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang

Suryani, Ade Irma (2017) Efektivitas Pembelajaran Gambar Bentuk Indoor dan Outdoor siswa kelas VII MTs Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ADE IRMA SURYANI, 1281041051, 2017.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ade Irma Suryani.2017. Efektivitas Pembelajaran Gambar Bentuk Indoor dan Outdoor siswa kelas VII MTs Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Universitas Negeri Makassar. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dalam hal ini berkenaan dengan materi gambar bentuk guru dapat menggunakan pembelajaran dengan indoor dan outdoor. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil pembelajaran gambar bentuk indoor dan outdoor di kelas VII MTs Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. (2) untuk mengetahui perbedaan efektivitas pembelajaran gambar bentuk antara indoor dan outdoor di kelas VII MTs Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VII A untuk pembelajaran gambar bentuk indoor dan kelas VII B untuk pembelajaran gambar bentuk outdoor. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: pertama hasil penelitian menunjukan pembelajaran gambar bentuk indoor nilai total 1942, rata-rata 77,70. Untuk hasil evaluasi gambar bentuk outdoor nilai total 1930, rata-rata nilai 77,23. Kedua, perbedaan efektivitas pembelajaran gambar bentuk indoor dan outdoor berdasarkan nilai hasil evaluasi pembelajaran gambar bentuk indoor dan outdoor diketahui adanya perbedaan yang sangat tipis yakni total nilai (indoor 1942– outdoor 1930= selisih 19) jumlah rata-rata (indoor 77,70 – outdoor 77,23= selisih 0,47). Dalam pembelajaran gambar bentuk kelas VII A (indoor) 4 siswa (21%) mendapatkan nilai evaluasi pada rentang nilai 80-89 dengan kategori baik dan 21 siswa (84%) dengan rentang nilai 70-79 dengan kategori cukup sedangakn untuk kelas VII 4 siswa (21%) mendapatkan nilai evaluasi pada rentang nilai 80-89 dengan kategori baik dan 21 siswa (84%) dengan rentang nilai 70-79 dengan kategori cukup. Ketuntasan hasil belajar siswa baik pembelajaran gambar bentuk indoor maupun outdoor sama-sama mencapai 100%. Dilihat dari hasil angket tanggapan siswa diperoleh informasi bahwa pembelajaran gambar bentuk indoor lebih diminati dibanding pembelajaran gambar bentuk outdoor. Hal tersebut dapat dibuktikan dari pembelajaran gambar bentuk indoor yang menunjukan 78,4 % siswa memilih jawaban „‟a‟‟dengan tanggapan yang sangat baik, sedangkan untuk pembelajaran gambar bentuk outdoor diketahui 68,8% memilih jawaban „‟a‟‟ dengan tanggapan sangat baik. Kemudian dari hasil wawancara dengan guru seni budaya dinatakan bahwa siswa memberikan respon yang cukup baik terutama pada pembelajaran gambar bentuk outdoor karena siswa terlihat antusias meskipun hasil evaluasi kelas outdoor lebih rendah dibandingkan kelas indoor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Seni rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 06 Feb 2020 06:17
Last Modified: 06 Feb 2020 06:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16850

Actions (login required)

View Item View Item