Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik di Sekolah Dasar

MUSDALIFA, MUSDALIFA (2015) Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
MUSDALIFA.docx

Download (14kB)

ABSTRAK MUSDALIFA. 2015 Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik di Sekolah Dasar. (dibimbing oleh Kaharuddin Arafah dan Triyanto Pristiwaluyo). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian menulis karangan deskripsi peserta didik di SDN Se-Wilayah IV Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng yang valid dan reliabel. Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan (Research & Development). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik SDN Se-Wilayah IV Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Guru dan peserta didik tersebut merupakan subjek uji coba instrumen penilaian keterampilan menulis karangan deskripsi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonsia. Pengumpulan data dimulai dengan uji coba dan penilaian oleh rater. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan aspek kualitas validitas, maka instrumen penilaian keterampilan menulis karangan deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Se Wilayah IV Kecamatan Donri Donri yang dikembangkan pada penelitian ini telah memenuhi aspek validitas tersebut. Berdasarkan aspek kualitas reliabilitas, maka instrumen penilaian keterampilan menulis karangan deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Se Wilayah IV Kecamatan Donri Donri yang dikembangkan pada penelitian ini telah reliabel. ABSTRACT MUSDALIFA, 2015. Developing Assessment Instrument of Descriptive Essay Writing Skills of Students in Elementary School (supervised by Kaharuddin Arafah and Triyanto Pristiwaluyo). This research aims at developing a valid and reliable assessment instrument of descriptive essay writing skalls os student in elementary school of region IV Donri-Donri in Soppeng district. The kind of this research is research and development. The subjects were teachers and students in public elementary school of region IV Donri-Donri in Soppeng district, who were also the test subjects of assessment instruments of descriptive essays writing on Bahasa Indonesia lesson subject. Data was collected employing the trial test and assessment by the rater. Data was analyzed by employing quantitative descritive analysis. The result of the research shows that based on the validity quality aspect, the assessment instruments of descriptive essay writing skills of students in elementary school of region IV Donri-Donri in Soppeng district developed in this research has already met those validity aspect. Based on reliability quality aspect, the assessment instruments of descriptive essay writing skills of students in elementary school of region IV Donri-Donri in Soppeng district developed in this research is reliable.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Penlitian dan evaluasi Pendidikan
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Dec 2016 08:09
Last Modified: 07 Dec 2016 08:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1685

Actions (login required)

View Item View Item