PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD INPRES BTN. IKIP 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

RESKI, DWI PITA (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD INPRES BTN. IKIP 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL DWI PITA RESKI.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK, Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dalam pembelajaran matematika siswa kelas V, mengetahui gambaran hasil belajar pada pembelajaran matematika siswa kelas V dan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen yaitu True Eksperimental Design dengan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design. Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Populasinya adalah seluruh siswa SD Inpres BTN. IKIP 1 yang berjumlah 332 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA berjumlah 32 orang siswa dan siswa kelas VB berjumlah 29 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran matematika siswa kelas V SD Inpres BTN. IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar berada pada kategori baik. (2) Hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen pada umumnya berada pada kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol berada pada kategori rendah. (3) Ada pengaruh positif penerapan model pembelajaran kooperatif numbered heads together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa di SD Inpres BTN. IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Kata Kunci : Numbered Heads Together, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 06 Feb 2020 06:06
Last Modified: 06 Feb 2020 06:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16849

Actions (login required)

View Item View Item