Pelaksanaan Pembelajaran Kerajinan dari Bahan Stick Es Krim pada Peserta Didik Kelas V SD Inpres Mandalle Kecamatan Barat Kabupaten Gowa

Sulaspati, Zara Zetira (2017) Pelaksanaan Pembelajaran Kerajinan dari Bahan Stick Es Krim pada Peserta Didik Kelas V SD Inpres Mandalle Kecamatan Barat Kabupaten Gowa. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP ZARA ZETIRA SULASPATI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak Zara Zetira Sulaspati, 2017. Pelaksanaan Pembelajaran Kerajinan dari Bahan Stick Es Krim pada Peserta Didik Kelas V SD Inpres Mandalle Kecamatan Barat Kabupaten Gowa. Skripsi. Program studi pendidikan seni rupa fakultas seni dan desain universitas negeri makassar. (dibimbing oleh Pangeran Paita Yunus dan Hasnawati) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kerajinan dari bahan stick es krim pada peserta didik kelas V SD Inpres Mandalle Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa dan mendeskripsikan hasil belajar dari bahan stick es krim pada peserta didik kelas V SD Inpres Mandalle Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode kuantitatif-kualitatif. Manfaat dari materi yang diperoleh diharapkan dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi para peneliti maupun bagi yang lainnya. Populasi dalam penelitian ini merupakan peserta didik pada kelas V yang berjumlah 22 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 22 peserta didik, yang terdiri dari 10 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik total sampel/sampling total. Instrument yang digunakan merupakan format observasi dan format wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis deskriptif kuantitatif-kualitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa ada beberapa peserta didik yang dari keseluruhan total peserta didik pada kelas V dengan jumlah 22 orang, terdapat 15 peserta didik yang mendapat nilai c dan 3 peserta didik yang mendapat nilai b. Berdasarkan nilai kkm yang ditentukan oleh sekolah, 16 peserta didik yang berhasil mencapai nilai kkm (criteria ketuntasan minimal) dan 2 peserta didik yang tidak mencapai nilai kkm. 2 orang peserta didik yang tidak membuat karya kerajinan. 1 orang peserta didik yang tidak mengikuti pembelajaran karena sakit, dan 1 orang peserta didik yang tidak mengikuti pembelajaran atau tanpa keterangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 06 Feb 2020 06:01
Last Modified: 06 Feb 2020 06:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16847

Actions (login required)

View Item View Item