Kemampuan Menggambar Bentuk Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Bolo Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat (NTB)

Wahyuni, Wahyuni (2017) Kemampuan Menggambar Bentuk Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Bolo Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat (NTB). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WAHYUNI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wahyuni, 2017. Kemampuan Menggambar Bentuk Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Bolo Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat (NTB), Skripsi: Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggambar bentuk pada mata pelajaran seni budaya, (seni rupa) di SMP Negeri 1 Bolo Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat, serta bagaimana kemampuan menggambar bentuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bolo Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menggambar bentuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bolo Kabupaten Bima, serta mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggambar bentuk di SMP Negeri 1 Bolo kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat (NTB). Jenis penelitian ini adalah penelitian dekskriptif kualitatif yaitu metode prosedur pemecahan masalah yang dilakukan terhadap objek dan kondisi yang alamiah dan apa adanya. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak delapan kelas dengan jumlah keseluruhan siswa yaitu 240 orang siswa tetapi yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah khususnya kelas VII.1 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini ditentukan langsung oleh guu seni budaya. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara tes praktik, , dan dokumentasi. Teknik analissis data menggunakan analisis dekskriptif kualitatif dengan menggunakan perhitungan sederhana untuk mendapatkan nilai akhir siswa (nilai rata-rata). Dari hasil penelitian mengenai kemampuan menggambar bentuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bolo Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat menunjukan bahwa kemampuan siswa masih sangat kurang dalam menggambar bentuk. Proses pelaksanaan pembelajaran menggambar bentuk terlaksana dengan baik sebagaimana mestinya. Perkembangan kurikulum silabus RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dikembangkan oleh guru, metode yang digunakan untuk pembelajaran menggambar bentuk adalah metode ceramah dan tanya jawab untuk materi teori dan metode demonstrasi dan penugasan dalam materi praktik. Jam pelajaran yang tersedia dalam pembelajaran menggambar bentuk di SMP 1 Bolo yaitu dua jam pelajaran perminggu dengan alokasi waktu 2x45 menit / minggu. Walaupun ada sedikit siswa mengetahui teknik-teknik maupun prinsip-prinsip dalam menggambar bentuk tetapi siswa sulit menerapkan secara langsung pada saat praktikum

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 06 Feb 2020 05:59
Last Modified: 06 Feb 2020 05:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16846

Actions (login required)

View Item View Item