Kemampuan Menggambar Perspektif Siswa Kelas X Desain dan Produksi Kriya Logam SMKN 2 Sombaopu Kabupaten Gowa

NUR JANNAH, NUR JANNAH (2016) Kemampuan Menggambar Perspektif Siswa Kelas X Desain dan Produksi Kriya Logam SMKN 2 Sombaopu Kabupaten Gowa. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK NUR JANNAH. 2016. Kemampuan Menggambar Perspektif Siswa Kelas X Desain dan Produksi Kriya Logam SMKN 2 Sombaopu Kabupaten Gowa. Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Kemampuan strategi pembelajaran menggambar konstruksi perspektif garis di SMK Negeri 2 Sombaopu. (2) Siswa dalam menggambar konstruksi-perspektif garis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Desain dan Produksi Kriya Logam SMKN 2 Sombaopu Kabupaten Gowa yang berjumlah 28 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes praktik dan dokumentasi. Data dari teknik observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan tes praktik dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penilaiannya berdasarkan aspek yang dinilai yakni, ketepatan dalam menggambar konstruksi-perspektif garis. Selanjutnya membuat hasil skor rata-rata siswa yang ditentukan berdasarkan bobot skor angka tertinggi hingga terendah kemudian menentukan berdasarkan jumlah persentase siswa sesuai aspekaspek penilaian yang telah dikuasai. Penilaian akhir dengan menjumlah hasil skor rata-rata dari dua tim penilai untuk menentukan persentase dalam menggambar perspektif. Hasil data diperoleh bahwa pada umumnya siswa masih kurang mampu dalam menggambar konstruksi perspektif. Adapun kendala yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam mata pelajaran dasar desain kekriyaan (gambar perspektif) yakni: Materi yang diberikan sulit dipahami oleh siswa Desain dan Produksi Kriya Logam, kurangnya perhatian siswa terhadap mata pelajaran dasar desain kekriyaan (gambar perspektif), kurangnya latihan yang dilakukan siswa. Sebagai saran dari penulis, perlunya bimbingan dari guru mata pelajaran dasar desain kekriyaan (gambar perspektif) mengenai penggunaan alat dan bahan yang bervariasi dalam menggambar agar dapat memperkaya pengalaman siswa dalam menggambar perspektif serta menambah pengetahuan siswa dalam menciptakan ide-ide baru terhadap menggambar perspektif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Seni rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 06 Feb 2020 05:12
Last Modified: 06 Feb 2020 05:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16835

Actions (login required)

View Item View Item