Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Seni Rupa Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Turatea Kabupaten Jeneponto

FERAWATI, NUNUK (2017) Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Seni Rupa Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Turatea Kabupaten Jeneponto. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUNUK FERAWATI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK NUNUK FERAWATI, 2017. Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Seni Rupa Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Turatea Kabupaten Jeneponto .Skripsi. Program Studi Pendidikan Seni Rupa. Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Seni Rupa di kelas VII SMP 1 Turatea Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan implementasi rencana pelaksanaan pembelajaran seni rupa berdasarkan kurikulum 2013 dikelas VII semester 1 di SMP Negeri 1 Turatea. 2) Untuk menganalisis materi pembelajaran Seni Rupa di kelas VII semester 1 di SMP Negeri 1 Turatea. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran yang dipersiapkan oleh guru seni rupa kelas VII SMP Negeri 1 Turatea, keseluruhan jumlah dari rencana pelaksanaan pembelajaran tersebut adalah 1 RPP dan sampel dalam penelitian ini sesuai dengan jumlah RPP yang disiapkan pada bidang studi seni budaya kelas VII di sekolah bersangkutan (keseluruhan dari jumlah populasi). Teknik yang digunakan untuk memperoleh data pada penelitian adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendiskripsikan keadaan yang sebenarnya atau apa adanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) dalam Kurikulum 2013, ruang lingkup materi seni rupa pada semester ganjil meliputi menggambar flora dan fauna dana lam benda menjadi ragam hias, yaitu pada kompetensi dasar yaitu 1) Memahami konsep dan prosedur menggambar flora, fauna, dan benda alam 2)Memahami konsep dan prosedur menggambar gubahan flora dan fauna serta geometrik menjadi ragam hias 3)Menggambar flora, fauna, dan benda alam 4) Menggambar gubahan flora dan fauna serta geometrik menjadi ragam hias. Dalam pembelajaran tersebut terdapat materi pembelajaran seni rupa yang dinilai relative sulit serta tidak didukung oleh sarana dan prasarana pembelajaran yang terdapat pada kompetensi tidak sesuai dengan apa yang di terapkan guru yang bersangkutan karena kesalah pahaman dan kurang cermat seorang guru dalam menyimpulkan maksud kompetensi dasar(1) beberapa rumusan terdapat kekeliruan pada tujuan pembelajaran, Dalam rumusan tujuan pembelajaran tersebut terlihat adanya keliruan yang disebabkan kekurang cermatan guru dalam menyusun rumusan tujuan pembelajaran – dimana dalam KD yang dibuat guru yaitu memisahkan pembelajaran menggambar flora dan fauna dengan pembelajaran tentang ragam hias. Sementara dalam tujuan adalah “menggambar flora dan fauna menjadi ragam hias” bukan “menggambar flora dan fauna dan menggambar ragam hias”. Artinya, terdapat kekeliruan dalam menafsirkan tujuan tersebut. (2) pada sumber belajar yang terkadang tidak jelas dan tidak rinci.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Seni rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 06 Feb 2020 05:08
Last Modified: 06 Feb 2020 05:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16834

Actions (login required)

View Item View Item