Strategi Meningkatkan Teknik Menggambar Bentuk Melalui Metode Sket Siswa Kelas VII A SMP Negeri 28 Makassar

SYARIFUDDIN, MUHAMMAD (2017) Strategi Meningkatkan Teknik Menggambar Bentuk Melalui Metode Sket Siswa Kelas VII A SMP Negeri 28 Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP MUHAMMAD SYARIFUDDIN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD SYARIFUDDIN.“Strategi Meningkatkan Teknik Menggambar Bentuk Melalui Metode Sket Siswa Kelas VII A SMP Negeri 28 Makassar. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini memiliki permasalahan utama yaitu bagaimana menerapkan metode sket sebagai strategi untuk meningkatkan teknik menggambar bentuk melalui metode sket siswa kelas VII A SMP Negeri 28 Makassar, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif , metode prosedur pemecahan masalah ini adalah diselidiki dengan melukiskan objek peneliti. Populasi dalam peneliti ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 28 makassar,yang berjumlah 36 dan jumlah sampel dalam penelitian ini 36 orang. Untuk mengukur ketercapaian keberhasilan penelitian ini, digunakan tolak ukur (indikator keberhasilan) pada siklus tindakan terakhir sebesar 80% siswa mendapatkan nilai tuntas 75 penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Kegiatan penelitian berlangsung mulai bulan Mei hingga bulan September 2016 di SMP Negeri 28 Makassar dengan subjek penelitian siswa kelas VII A yang berjumlah 36 siswa. Prosedur Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus yang setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan reflesksi. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat dan peristiwa, arsip dan dokumen. Sedangkan pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Hasil dari penelitian ini bahwa penerapan metode sket dapat meningkatkan kemampuan dalam menggambar bentuk dengan indicator proporsi, sket, gelap terang, teknik, dan bersih serta rapih. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat diantar siklus dari prasiklus dimana di siklus pertama yakni 6 orang memperoleh skor (5:86, 1:87) baik (17%), 10 orang memperoleh skor (3:82, 3:75, 1:83, 1:78, 2:80) cukup (28%), 19 orang memperoleh skor (7:73, 1:71, 3:72, 3:70, 3:67, 2:65) kurang (53%), 1 orang memperoleh skor eror (3%), di siklus II. 20 orang memperoleh skor (15:85, 5:87) baik (55,5%). 13 orang memperoleh skor (4:82, 2:80, 4:83, 2;78, 1:75, ) cukup (36%), 2 orang memperoleh skor (2:70) kurang (5,5%), 1 orang memperoleh skor eror (3%),

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Seni rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 06 Feb 2020 05:03
Last Modified: 06 Feb 2020 05:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16832

Actions (login required)

View Item View Item