Analisis Kualitas Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada SMA Negeri 2 Watansoppeng Kabupaten Soppeng

NAJIB, MUHAMMAD (2015) Analisis Kualitas Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada SMA Negeri 2 Watansoppeng Kabupaten Soppeng. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
MUHAMMAD NAJIB.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD NAJIB. Analisis Kualitas Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada SMA Negeri 2 Watansoppeng Kabupaten Soppeng. (dibimbing oleh Patahuddin dan Syahrul ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal Ujian Sekolah dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2012/2013 pada SMA Negeri 2 Watansoppeng yaitu; (1) tingkat validitas, (2) tingkat kesukaran, daya beda dan efektivitas pengecoh / distraktor (3) reliabilitas. Jenis penelitian ex post facto. Data diperoleh dari dokumentasi berupa lembar jawaban siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Watansoppeng, Jumlah lembar jawaban siswa yang diteliti adalah 181 lembar. Data penelitian dianalisis secara kualitatif dilaksanakan berdasarkan kaidah penulisan soal. Aspek yang diperhatikan di dalam penelaahan secara kualitatif ini adalah setiap soal ditelaah dari segi materi, konstruksi dan bahasa .Untuk analisis soal secara kuantitatif mencakup analisis reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan efektivitas pengecoh dengan menggunakan Program ITEMAN. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2012/2013 pada SMA Negeri 2 Watansoppeng memiliki krakteristik sebagai berikut: Validasi isi dari hasil penilaian antar pakar yaitu 0,83 adalah valid. Berdasarkan analisis reliabilitas didapat koefesien 0,306. Berdasarkan analisis tingkat kesukaran yaitu rerata (mean P ) : 0,651. menunjukkan bahwa indeks kesukaran sedang. Berdasarkan analisis daya beda rata-rata (mean besirial) adalah 0,305 berarti soal ujian sekolah mata pelajaran Bahasa Indonesia baik. Berdasarkan analisis efektivitas pengecoh yang berfungsi efektif 36,7 % dan 63,3 % distraktor tidak efektif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2012/2013 di SMA Negeri 2 Watansoppeng. Secara umum dapat dikatakan: Berdasarkan validitas isi adalah valid, reliabel, tingkat kesukaran dan daya beda baik, serta pengecoh (distraktor) berfungsi efektif, meskipun masih perlu adanya perbaikan/ direvisi pada beberapa butir soal. Abstract MUHAMMAD NAJIB. Analisis Kualitas Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada SMA Negeri 2 Watansoppeng Kabupaten Soppeng. (supervised by Patahuddin and Syahrul ). This research aims at identifying the quality of Bahasa Indonesia school exam in academic year 2012/2013 in SMA Negeri 2 Watansoppeng, in terms of (i) level of validity, (ii) level of difficulty, discriminate, and distractor, and (iii) reliability.This research included in ex post facto type where the data took, by documentation of students’ answer sheets of XII grade of SMA Negeri 2 Watansoppeng. Data of this research were than analyzed qualitatively and conducted based on the principle of items making. Aspect that study on this research is each items studied in terms of material, construction, and language. This research employed quantitative analysis that includes analysis of reliability, level of difficulty, discrimination, and effectiveness of distractor by using ITEMAN program. Based on the result of the research, it is found that the school exam in SMA Negeri 2 Watansoppeng have characteristics as follow, validation of content by the assessment among experts is 0.83 and categorized as valid; based on the analysis of reliability, the coefficient is 0.306, which is indicated that index of difficulty is fair; based on the analysis of discrimination, the mean biserial is 0.305 that indicates school exam d Bahasa Indonesia subject categorized as good; and based on the analysis of distractor effectiveness, 36.7% of items are effective and 63.3% of item are not effective. Form the analysis, it can be concluded that generally the school exam of Bahasa Indonesia subject on the academic year 2012/2013 in SMA Negeri 2 Watansoppeng is valid; the reliability, level of difficulty, and discrimination aspect are good; as well as effective distractor. Furthermore, it still need revision on several items.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Penlitian dan evaluasi Pendidikan
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Dec 2016 08:04
Last Modified: 07 Dec 2016 08:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1683

Actions (login required)

View Item View Item