Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Sesean Kabupaten Toraja Utara

TANDIBADOANG, LUKAS (2015) Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Sesean Kabupaten Toraja Utara. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
LUKAS TANDIBADOANG.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK LUKAS TANDIBADOANG, Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Sesean Kabupaten Toraja Utara. (Dibimbing oleh Patahuddin dan H. Rusyadi). Penelitian evaluatif ini bertujuan mengevaluasi program pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Sesean Kabupaten Toraja Utara, sehingga dapat memberikan informasi yang tepat dan akurat tentang program pembelajaran sejarah bagi kepala sekolah dan guru. Aspek yang dievaluasi adalah masukan (input), proses (process), dan keluaran (output) dari program pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan model Stake (Countenance) dengan menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi sebagai instrument pengumpul data; dimana kepala sekolah, guru, dan peserta didik sebagai subjek penelitian. Data penelitian dianalisis dengan analisis deskriptifdisertai pembahasan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) Aspek masukan (input) program pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Sesean Kabupaten Toraja Utara terdiri dari perencanaan program pembelajaran berkualitas sangat baik, dan fasilitas pembelajaran berkualitas baik. (ii) Aspek proses (process) program pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Sesean Kabupaten Toraja Utara terdiri dari kinerja guru berkualitas baik, motivasi peserta didik dalam belajar Sejarah tinggi, dan sikap peserta didik dalam pembelajaran Sejarah positif. (iii) Aspek keluaran (output) program pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Sesean Kabupaten Toraja Utara terdiri dari kecakapan akademik dan kesadaran Sejarah berkualitas baik. Rekomendasi dibutuhkan monitoring dan evaluasi secara periodik terhadap semua aspek program pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Sesean untuk mengoptimalkan pencapaian 8 Standar Nasional Pendidikan. Kata Kunci: evaluasi program, pembelajaran sejarah, SMA ABSTRACT LUKAS TANDIBADOANG.2014. Evaluation on History Learning Program at SMAN 1 Sesean in North Toraja District (Supervised by Patahuddin and Rusyadi). This evaluation study aimed at evaluating learning History leraning program at SMAN 1 Sesean in North Toraja district to provide appropriate and accurate information about the program for the principal and teachers. The evaluation aspects are the input, process, and output at History learning program. The study used Stake (countenance) model using observation, questionnaire, interviews, and documentation as the instruments to collect the data. The data sources of the study were the principal, teachers, and studenst. Data were analyzed with discriptive analysis. The results of the study showed that (i) the input aspects of History learning program at SMAN 1 Sesean in North Toraja district consisted of the planning of learning program which has excellent quality and the facility of learning which has good quality. (ii) the process aspects consisted of teachers’ perfomence, students’ motivation, and students’ attitudes on history were in good quality., (iii) the output aspects consisted of academic ability and awareness of history was in good quality. The recommendations required were periodic monitoring and evaluation on all aspects of History learning program at SMAN 1 Sesean to optimize the achievement of 8 National Standars of Education. Keywords: program evaluation, History learning, SMA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Penlitian dan evaluasi Pendidikan
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Dec 2016 07:59
Last Modified: 07 Dec 2016 07:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1681

Actions (login required)

View Item View Item