Kemampuan Mahasiswa dalam Mata KuliahbMenggambar III melalui Teknik Blok pada Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain

SALEH, AWALUDDIN BIN (2017) Kemampuan Mahasiswa dalam Mata KuliahbMenggambar III melalui Teknik Blok pada Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
PDF.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK AWALUDDIN BIN SALEH, 2017. Kemampuan Mahasiswa dalam Mata KuliahbMenggambar III melalui Teknik Blok pada Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Pembimbing I Yabu M., Pembimbing II Irfan Arifin. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yaitu data yang diperoleh memberikan gambaran berupa angka-angka kemudian dideskripsikan. Permasalahan penelitian ini adalah: (1) Kemampuan berkarya mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar dalam mata kuliah Menggambar III dan (2) Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi mahasiswa dalam berkarya melalui teknik blok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar angkatan 2015 kelas A dengan jumlah mahasiswa keseluruhan 32 mahasiswa, dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang aktif dalam mengikuti mata kuliah Menggambar III melalui teknik blok yaitu 29 orang. Metode pengumpulan data dengan kepustakaan, observasi (pengamatan), tes praktik, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berkarya mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar dalam mata kuliah Menggambar III melalui teknik blok dapat dilihat dari hasil akhir dengan rata-rata yang diperoleh yaitu tidak ada mahasiswa yang memperoleh predikat nilai sangat baik, 25 mahasiswa (86.2%) yang memperoleh predikat nilai baik, 3 mahasiswa (10.3%) yang memperoleh predikat nilai sedang, 1 mahasiswa (3.4%) yang memperoleh predikat nilai kurang, dan tidak ada yang memperoleh predikat nilai sangat kurang. (2) Faktor pendukung mahasiswa dalam berkarya melalui teknik blok yaitu sikap, bakat, motivasi, serta metode pembelajaran. Faktor penghambat yang dihadapi mahasiswa dalam berkarya melalui teknik blok yaitu penggunaan alat dan bahan, serta merupakan pengalaman pertama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Seni rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 05 Feb 2020 07:35
Last Modified: 05 Feb 2020 07:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16803

Actions (login required)

View Item View Item