PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (Teams-Games-Tournament) DALAM MENGAKTIFKAN SISWA PADA MATERI GITAR DI KELAS X SMA NEGERI 10 BULUKUMBA

Al Muhajar, Andi Edy (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (Teams-Games-Tournament) DALAM MENGAKTIFKAN SISWA PADA MATERI GITAR DI KELAS X SMA NEGERI 10 BULUKUMBA. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Andi Edy Al Muhajar, 2017, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Dalam Mengaktifkan Siswa Pada Materi Gitar Di Kelas X SMA Negeri 10 Bulukumba. Skripsi Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar dibimbing oleh Khaeruddin, S.Sn., M.Pd dan Andi Ihsan, S.Sn., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dalam mengaktifkan siswa pada materi gitar dikelas X SMA Negeri 10 Bulukumba. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 10 Bulukumba ang terdri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Analisi data kuantitatif terdiri dari penilaian keaktifan siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat Mengaktifkan Siswa Pada Materi Gitar Kelas X SMA Negeri 10 Bulukumba. Hal ini ditunjukkan dengan data hasil rata-rata keseluruhan yang diperoleh dari observasi menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata indikator keaktifan siswa pada siklus I sebesar 68,33% meningkat menjadi 81,87% pada siklus II, begitu juga dengan hasil rata-rata keseluruhan yang diperoleh dari hasil angket yang menunjukkan peningkatan rata-rata indikator keaktifan siswa pada siklus I sebesar 74,16% meningkat menjadi 83,69% pada siklus II. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) menjadikan siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Kata Kunci: Teams Games Tournament, Keaktifan siswa, SMA Negeri 10 Bulukumba

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 05 Feb 2020 07:18
Last Modified: 05 Feb 2020 07:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16798

Actions (login required)

View Item View Item