Pelaksanaan Seni Melipat Kertas ( Origami Dan Papercraft ) Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Parepare

Fathonah, Al Aziz (2017) Pelaksanaan Seni Melipat Kertas ( Origami Dan Papercraft ) Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Parepare. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AL AZIZ FATHONAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Al Aziz Fathonah . 2017. Pelaksanaan Seni Melipat Kertas ( Origami Dan Papercraft ) Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Parepare. Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar. Pendidikan sebagai salah satu aspek dalam meningkatkan sumber daya manusia yang terus diperbaiki. Pendidikan berfungsi membantu anak untuk mengaktualisasikan potensi-potensi yang dimilikinya. Variabel Penelitian Berdasarkan judul penelitian ini, yakni “Pelaksanaan Seni Melipat Kertas (Origami Dan Papercrft) Siswa Kelas X Sman 2 Parepare”. Dalam penelitian akan dibahas tentang hal-hal yang menjadi sarana dalam penelitian, yakni mengangkat aspek-aspek yang diteliti variabel adalah sesuatu yang dijadikan sebagai objek penelitian atau gejala bervariasi yang akan diteliti. Hal ini lah yang menjadi fokus dalam penelitian yang sifatnya diskriptif kualitatif. Ada pun varibel yang dimaksud dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: proses pembelajaran kerajinan melipat kertas atau origami siswa kelas X SMA Negeri 2 Parepare. Desain penelitian pada hakikatnya merupakan strategi dalam mengatur penelitian dan dibuat sebagai kerangka acuan dalam melaksanakan penelitian. Desain Penelitian. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Desain deskripsi kualitatif adalah rencana penelitian yang menggunakan variabel penelitian dalam bentuk angka-angka atau statistik. Hal yang dideskripsikan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan seni melipat kertas pada siswa kelas X SMA Negeri Parepare dalam proses pembuatan seni melipat kertas atau origami. rumusan masalah penelitian sebagai berikut: 1.Bagaimana pelaksanaan pembelajaran origami pada siswa kelas X SMAN 2 Parepare? 2.Bagaimana teknik penilaian yang dilakukan guru dalam pempelajaran origami pada siswa kelas X SMAN 2 Parepare?, tujuan penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut: 1.Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran origami pada siswa kelas X dalam melipat kertas (origami). 2. Untuk mengetahui teknik penilaian yang dilakukan oleh guru darii hasilkemampuan siswa kelas X dalam pembelajaran origami. Hasil Sekolah, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran seni budaya di SMAN 2 Parepare . Mahasiswa, hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah literatur kepustakaan yang dibutuhkan dalam studi tentang pembelajaran seni budaya di sekolah. Fakultas Seni dan Desain, hasil penelitian ini sangat bermanfaat dalam perbaikan pembelajaran seni budaya di sekolah, sebagai lembaga yang memproduksi pendidik seni budaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Seni rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 05 Feb 2020 07:16
Last Modified: 05 Feb 2020 07:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16797

Actions (login required)

View Item View Item