PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 23 BONE

Sulaiman, Sulaiman (2020) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 23 BONE. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL_SULAIMAN_1592040033_PEND.AKUNTANSI_pdf.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah secara simultan terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 23 Bone. (2) Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah secara parsial terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 23 Bone. (3) Variabel yang pengaruhnya dominan terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas X di SMA Negeri 23 Bone. Variabel dalam penelitian ini adalah lingkungan keluarga sebagai variabel bebas pertama (X1), lingkungan sekolah sebagai variabel bebas kedua (X2) dan motivasi belajar sebagai variabel terikat (Y). Populasinya seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 23 Bone yang terdiri dari 81 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Jenuh dengan sampel sebanyak 81 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji instrument, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan tingkat signifikan <0,05. Lingkungan keluarga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan tingkat signifikan <0,05, dan lingkungan sekolah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan tingkat signifikan <0,05. Selain itu, koefisien determinasi (R2 ) yaitu sebesar 0,466 (46,6%). Hal ini berarti bahwa pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa adalah sebesar 46,6% sedangkan sisanya 53,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Serta lingkungan keluarga dominan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dengan koefisien determinasi 0,360 atau 36%. Kata kunci: Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 05 Feb 2020 06:03
Last Modified: 05 Feb 2020 06:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16796

Actions (login required)

View Item View Item