Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar IPA Pada SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu

ELSOIN, DANIEL KLEMENS (2015) Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar IPA Pada SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
DANIEL KLEMENS ELSOIN.docx

Download (17kB)

ABSTRAK DANIEL KLEMENS ELSOIN. Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar IPA Pada SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. (Dibimbing oleh Jokebet Saludung & H. M. Sidin Ali). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar IPA pada SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu dalam ranah kognitif, ranah psikomotorik, dan ranah afektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen yang melibatkan subjek uji coba sebanyak 250 orang peserta didik kelas VII di SMPN 1 Bua Ponrang. Pengumpulan data pada proses validasi teoretis dilakukan dengan teknik panel dan pada proses validasi empiris dilakukan dengan teknik Tes dan Non Tes. Teknik analisis data yang digunakan ialah kuantitatif deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga instrumen yang dikembangkan valid secara isi. Pada instrumen kognitif tipe pilihan ganda ada 5 butir gugur dan 2 butir gugur pada insturmen afektif peserta didik terhadap pelajaran IPA. Hasil validasi muka dan analisis butir secara kualitatif menunjukkan bahwa instrumen dapat digunakan sebagai instrumen penilaian hasil belajar IPA peserta didik kelas VII. Pada tahap validasi empiris, 1 butir gugur pada instrumen kognitif tipe pilihan ganda. Setelah validasi isi berdasarkan kisi-kisi, semua instrumen valid dan dinyatakan reliabel. Instrumen penilaian hasil belajar IPA peserta didik kelas VII SMPN 1 Bua Ponrang final meliputi: (1) Penilaian kognitif tipe pilihan ganda terdiri dari 44 butir; (2) penilaian praktik disertai rubrik terdiri dari 21 butir; (3) Penilaian afektif peserta didik terhadap pelajaran IPA terdiri dari 22 butir. ABSTRACT DANIEL KLEMENS ELSOIN. 2016. Developing Assessment Instrument of Science Learning Outcomes at SMPN 1 Bua Ponrang in Luwu District ( Supervised by Jokebet Saludung and H. M. Sidin Ali). The study aims developing assessment of IPA (Science) learning outcomes at SMPN 1 Bua Ponrang in Luwu district in cognitive, psychomotor, and affective domains. The study is an instrument development research which involves 250 test-teker subjects in grade VII at SMPN 1 Bua Ponrang. Data Collection in theoritical validation process is conducted by employing panel technique; whereas, the empirical validation process is conducted by employing test and non-test techniques. Data is analyzed using descriptive quantitative and inferential analysis. The results of the study reveal that the three instruments developed are valid in terms of content. In the cognitive instrument of multiple choice type, there are 5 items failed; whereas, 2 items failed ini attitude assessment of the student on IPA learning. The result of cover validation and item analysis qualitatively indicate that the instrument can be used as assessment instrument for IPA learning outcomes in grade VII. At the empirical validation stage, 1 item failed in cognitive instrument of multiple choice type. After validating the content based on example of questions, all the instruments are valid and confirmed as reliable. The assessment instrument of IPA learning outcomes of grade VII student at SMPN 1 Bua Ponrang includes (1) cognitive assessment of multiple choice type consists of 44 items, (2) practice assessments along with the rubric consists of 21 items, and (3) attitude assessment of the students toward IPA learning consists of 22 items.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Penlitian dan evaluasi Pendidikan
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Dec 2016 07:43
Last Modified: 07 Dec 2016 07:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1676

Actions (login required)

View Item View Item