PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS iV SD MUHAMMADIYAH PERUMNAS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

TANJUNG M.AS, AKBAR (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS iV SD MUHAMMADIYAH PERUMNAS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

“Dibimbing oleh M. Ali latief dan Ahmad Syawaluddin” Universitas Negeri Makassar ABSTRAK, Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan metode pembelajaran course review horay dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV, mengetahui gambaran hasil belajar pada pembelajaran IPS siswa kelas IV dan mengetahui pengaruh penggunaan metode pembeljaran course review horay terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah Eksperimental dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design. Variabel bebas adalah penggunaan course review horay dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa SD Muhammadiyah Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar yang jumlah siswanya 248 siswa, sampel penelitian kelas IV dengan jumlah 50 siswa . Dalam penelitian ini ditetapkan dua kelas yaitu kelas IVA 25 menggunakan metode pembelajaran course review horay dan kelas IVB 25 orang tidak menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengambilan sampel diambil dengan teknik Nonprobability Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif statistic dan analisis deskriptif inferensial. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Course Review Horay dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar berada pada kategori sangat baik, hasil belajar IPS siswa pada kelas eksperimen pada umumnya berada pada kategori sangat tinggi, sedangkan pada kelas kontrol berada pada kategori rendah, dan ada pengaruh positif penggunaan metode pembeljaran course review horay terhadap hasil belajar dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ILMU ADMINISTRASI PUBLIK - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 31 Jan 2020 06:33
Last Modified: 31 Jan 2020 06:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16757

Actions (login required)

View Item View Item