PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GERAK SISWA PADA PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SMPN 1 MAPPEDECENG KAB. LUWU UTARA

Zulhijjah., Asmi (2017) PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GERAK SISWA PADA PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SMPN 1 MAPPEDECENG KAB. LUWU UTARA. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ASMI ZULHIJJAH 1382041009.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Asmi Zulhijjah. 2017. “Skripsi”. “ Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Kreativitas Gerak Siswa Pada Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Tari di SMPN 1 Mappedecng Kab. Luwu Utara”. Program Studi Pendidikan Sendratasik, Fakultas Seni Dan Desain, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kretivitas gerak tari siswa melalui penerapan model pembelajaran role playing pada ekstrakurikuler Seni tari di SMPN 1 Mappedeceng Kab. Luwu Utara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang menggunakan dua metode yakni kualitatif bertujuan untuk mendefenisikan hasil penelitian dan kuantitatif yang bertujuan untuk menggambarkan presentasi peningkatan kretivitas gerak siswa di SMPN 1 Mappedeceng . Subjek penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni tari di SMPN 1 Mappedeceng Kab. Luwu Utara. Fokus penelitian ini adalah pelaksanaan dan peningkatan kreativitas gerak tari siswa pada ekstrakurikuler seni tari di SMPN 1 Mappedeceng setelah penerapan model pembelajaran role playing. Hasil penelitian ini ditinjau dari perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi dan kesimpulan. Data diperoleh menggunakan hasil dari pelaksanaan observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini mencakup dua hal yakni: 1) Peran role playing dalam pembelajaran ekstrakurikuler seni tari dan 2) tingkat Kreativitas Gerak tari siswa. Peningkatan kreativitas gerak tari siswa dapat dilihat dari indikator penilaian kemampuan, sikap dan proses. Selalu mengalami peningkatan pada setiap siklusnya dengan standar nilai ketuntasan 65. Ketuntasan siswa pada prasiklus sebanyak dua orang, pada evaluasi siklus I meningkat menjadi tiga orang, dan pada evaluasi siklus II seluruh siswa telah mencapai nilai standar ketuntasan, dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan siswa. Kata Kunci : Kreativitas Gerak Tari, Model Pembelajaran Role Playing

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 31 Jan 2020 03:35
Last Modified: 31 Jan 2020 03:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16740

Actions (login required)

View Item View Item