Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Melalui Tari Massari Siswa SMA Negeri 2 Sinjai Utara

Wahyuni, Ainun (2017) Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Melalui Tari Massari Siswa SMA Negeri 2 Sinjai Utara. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ainun Wahyuni. 2017.Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Melalui Tari Massari Siswa SMA Negeri 2 Sinjai Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan model pembelajaran Explicit Instruction. 2) peningkatan keterampilan siswa setelah diterapkan explicit instruction siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 2 Sinjai Utara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif meskipun pada analisis datanya juga menggunakan metode kuantitatif sederhana yang bertujuan untuk menggambarkan persentase peningkatan kemampuan menari tari massari siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 2 Sinjai Utara. Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sinjai Utara.Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini, yakni. 1) observasi. 2) Dokumentasi. 3) Tes. 4).wawancara . Kemudian Hasil penelitian ini ditinjau dari perencanaan, penerapan atau pelaksanaan, pengamatan dan refleksi sampai pada mencapai kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yakni: 1) Penerapan model pembelajaran Explicit Instruction pada siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 2 Sinjai Utara.Pelaksanaan pembelajaran seni tari di kelas X MIPA 5 SMA Negeri 2 Sinjai yang di laksanakan oleh guru pada realitanya kurang memuaskan baik. Karena guru yang mengajar merupakan guru seni rupa sehingga siswa kurang memahami tentang seni tari. Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instuction terhadap mata pelajaran ini dapat diterima dengan respon positif dari siswa yang selalu meningkat secara signifikan. Pembelajaran selangkah demi selangkah terhadap aktivitas belajar siswa ternyata dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menari untuk terus aktif dalam belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Explicit Instruction dalam penerapannya dapat dilaksanakan dan diterima dengan baik oleh siswa. 2). Peningkatan keterampilan menari siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 2 Sinjai.Peningkatan Keterampilan Siswa yang terjadi di kelas X MIPA 5 dapat dikatakan meningkat. Berdasarkan Tes langsung yang dilakukan Observer, kemudian jumlah poin pencapaian dan hasiltes yang diberikan oleh siswa ini menunjukkan bahwa presentase respon positif yang merupakan indikator penilaian peningkat keterampilan menari ini meningkat di tahap demi tahapnya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 31 Jan 2020 02:20
Last Modified: 31 Jan 2020 02:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16727

Actions (login required)

View Item View Item