MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI TARI KELAS VIII.3 SMPN 1 MAKASSAR

Batari, A.Nur Amaliah (2017) MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI TARI KELAS VIII.3 SMPN 1 MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI A.NUR AMALIAH BATARI SENDRATASIK A 2013.pdf

Download (37MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK A.Nur Amaliah Batari, 2017. Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Tari Kelas VIII.3 SMPN 1 Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sendratasik, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran quantum teaching dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran seni tari kelas VIII.3 SMPN 1 Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif meskipun pada analisis datanya juga menggunakan metode kuantitatif sederhana yang bertujuan untuk menggambarkan presentase peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII.3 SMPN 1 Makassar yang berjumlah 39 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi pustaka, observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Kemudian, hasil data dari dari penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Setelah penerapan model pembelajaran quantum teaching dilaksanakan, berikut hasil olahan data melalui lembar instrumen pengamatan yang diisi oleh observer menghasilkan data yakni untuk aspek positif dari kondisi prasiklus ke siklus I meningkat 7,6% kemudian ke siklus ke II meningkat sebanyak 52,34 %. Sedangkan data dari aspek negatif mulai dari kondisi prasiklus ke siklus I menurun 156,56 % kemudian ke siklus II sebanyak 64,35 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mempelajari seni tari khususnya dalam mengenal tari Nusantara baik secara individu maupun kelompok. Dengan adanya pemberian reward secara langsung kepada siswa yang merupakan salah satu sintak dari langkah penerapan quantum teaching ini, membuat siswa bersemangat dan antusias dalam menerima proses pembelajaran seni tari. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa dalam penerapan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran seni tari kelas VIII.3 SMPN 1 Makassar. Saran yang diberikan peneliti dalam penelitian ini kepada guru yang akan menerapkan model pembelajaran ini diharapkan dapat mengenali tingkat kecerdasan, karakter dan kebutuhan siswanya agar tujuan pembelajaran dan proses pembelajaran dapat terencana dengan baik sebagaimana mestinya. Kata kunci : Model pembelajaran, quantum teaching, motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 31 Jan 2020 02:07
Last Modified: 31 Jan 2020 02:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16725

Actions (login required)

View Item View Item