Pengaruh Supervisi Manajerial Pengawas Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah di Kota Kendari

ABRI, ABRI (2014) Pengaruh Supervisi Manajerial Pengawas Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah di Kota Kendari. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ABRI.docx

Download (13kB)

ABSTRAK ABRI, 2014. Pengaruh Supervisi Manajerial Pengawas Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah di Kota Kendari (dibimbing oleh Syahrul dan Patahuddin). Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi tentang pengaruh antara (1) supervisi manajerial pengawas sekolah terhadap pemenuhan standar nasional pendidikan, (2) kepemimpinan kepala sekolah terhadap pemenuhan standar nasional pendidikan, dan (3) supervisi manajerial pengawas sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap pemenuhan standar nasional pendidikan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kepala sekolah SMA/SMK Negeri/Swasta se-Kota Kendari, sampel penelitian sebanyak 36 orang kepala sekolah, dengan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Teknik pengambilan data untuk ketiga variabel menggunakan kuesioner dengan skala model Likert yang dimodifikasi. Jumlah butir variabel X1 : 52 butir, variabel X2 : 50 butir dan variabel Y : 55 butir. Analisis validitas dihitung menggunakan teknik korelasi Product Moment, Analisis Reliabilitas variabel X1, X2, dan Y dihitung dengan rumus Alpha Cronbach dengan nlai masing-masing variabel X1 : 0,939, X2 : 0,948 dan Y: 0,903. Pengujian hipotesis pertama, kedua dan ketiga menggunakan analisis varian ranking dua arah Friedman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan supervisi manajerial pengawas sekolah terhadap pemenuhan standar nasional pendidikan, dengan nilai Psign. 0,000 (2) terdapat pengaruh positif kepemimpinan kepala sekolah terhadap pemenuhan standar nasional pendidikan, dengan nilai Psign. 0,000 dan (3) terdapat pengaruh positif supervisi manajerial pengawas sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap pemenuhan standar nasional pendidikan, dengan nilai Psign. 0,000. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna dalam upaya perbaikan pemenuhan standar nasional pendidikan di Kota Kendari, mengingat hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan supervisi manajerial pengawas sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah secara signifikan mampu meningkatkan pemenuhan standar nasional sehingga tercapai kualitas dan mutu pendidikan yang diinginkan ABSTRACT ABRI. 2014. The Influence of Managerial Supervision of Supervisors and the Leadership of the Pricipals on the Fulfillment of National Standard of Education of Secondary Schools in Kendari (Supervised by Syahrul and Patahuddin). The study aims at obtaining information on the influence between (1) managerial supervision of supervisors on the fulfillment of national standard of education, (2) the leadership of the principal on the fulfillment of national standard of education, (3) managerial supervision of supervisors and leadership of the principal on the fulfillment of national standard of education. The populations of the study were all the principals of public / private SMA/SMK in Kendari. The samples were 36 principals taken by employing proportional random sampling technique. Data for three variables obtained through questionairewith Likert model scale whichwas modified. The items of variable X1 were 52 items, variable X2 was 50 items, and variable Y was 55 items. The validity of analysis counted by using correlation of product moment,analysis of reliability of variables X1, X2, Y were counted using Alpha Cronbach with the scores variable X1 : 0,393, variable X2: 0,948, variable Y: 0,903. The hypothesis test consisted of the first, second, and third hypothesis test used ranking variant of two ways by Friedman. The results of the study indicates that (1) there is significant influence of managerial supervision of supervisors on the fulfillment of national standard of education, with the results of Psign: 0.000. (2) there is significant influence of leadership of the principal on the fulfillment of national standard of education, with the results of Psign: 0.000, and (3) There are significant influence between managerial supervision of supervisors and leadership of the principal on the fulfillment of national standard of education with the results of Psign: 0.000. The results of the study are expected to be useful in enhancing the fulfillment of national standard of education in Kendari and the results indicates that the improvement of managerial supervision of supervisors and the leadership of the principals significantly were able to improve the fulfillment of national standard of education to achieve a desired qualified education.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Penlitian dan evaluasi Pendidikan
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Dec 2016 07:33
Last Modified: 07 Dec 2016 07:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1672

Actions (login required)

View Item View Item