Naskah Tari dalam mencipta karya pada mata kuliah koreografi Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar.

Jumarniati, Jumarniati (2017) Naskah Tari dalam mencipta karya pada mata kuliah koreografi Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Jumarniati 2017, (Tanro). Naskah Tari dalam mencipta karya pada mata kuliah koreografi Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Naskah Tari ini merupakan uraian tentang karya tari dengan judul Tanro, yang di dalamnya menguraikan beberapa permasalahan, yakni 1) terinspirasi akan kisah kehidupan suku To Balo. 2) Memperlihatkan bagaimana suku To Balo menjadi belang di sekujur tubuhnya. 3) Memperlihatkan komposisi yang menyimbolkan proses terjadinya kutukan dengan ekspresi gerak tubuh penari. Metode yang digunakan dalam garapan karya tari ini dengan pendekatan ekplorasi dalam garapan karya ini yaitu proses penemuan ide, improvisasi yaitu tahap penjajagan. Pada tahap ini dipikirkan motif-motif gerak yang akan digunakan dalam garapan. Tahap ini dilakukan berulang-ulang bagian perbagian dalam waktu yang tidak ditentukan, karena kemungkinan-kemungkinan perkembangan gerak muncul sehingga terjadi perubahan fase gerak yang sudah ada. Tahap pembentukan merupakan tahap akhir dimana proses kerjanya difokuskan pada bentuk garapan secara utuh. Dalam tahap ini, penggarap merenungkan dan mengoreksi kembali hubungan antar gerak yang satu dengan gerak berikutnya yang sudah didapatkan pada tahap eksplorasi dan improvisasi dan proses pematangan gerak. Hasil karya ini disimpulkan bahwa: karya tari “Tandro” mempresentasikan karya yang terinspirasi dari suku To Balo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2020 07:47
Last Modified: 30 Jan 2020 07:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16712

Actions (login required)

View Item View Item