Pengembangan Instrumen Penilaian Diri Peserta didik pada Mata Pelajaran Fisika SMK Negeri 1 Pallangga. Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

ABDOLLAH, ABDOLLAH (2015) Pengembangan Instrumen Penilaian Diri Peserta didik pada Mata Pelajaran Fisika SMK Negeri 1 Pallangga. Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ABDOLLAH.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK ABDOLLAH. 2015. Pengembangan Instrumen Penilaian Diri Peserta didik pada Mata Pelajaran Fisika SMK Negeri 1 Pallangga. Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Program Pascasarjana (PPs) UNM Makassar (dibimbing oleh Kaharuddin Arafah dan Syahrul). Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil pengembangan instrumen penilaian diri peserta didik pada kompetensi kognitif, kompetensi psikomotorik, dan kompetensi afektif mata pelajaran fisika kelas X SMK Negeri 1 Pallangga. Jenis penelitian ini adalah Research and Development atau R & D. Instrumen yang dikembangan dianalisis secara teoteris dan empiris. Analisis secara teoretis dilakukan dengan validasi secara kualitatif dan pengujian oleh tim pakar/ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji coba validitas butir dan reliabilitas instrumen penilaian diri peserta didik pada kompetensi kognitif mata pelajaran fisika kelas X DG dan TKJ pada 181 responden (peserta didik) dengan jumlah butir pernyataan 97 diperoleh butir yang valid sebanyak 92, sedangkan butir yang tidak valid sebanyak 5 dengan indeks reliabilitas 0,966. Selanjutnya, hasil uji coba validitas butir dan reliabilitas instrumen penilaian diri peserta didik pada kompetensi psikomotorik mata pelajaran fisika kelas X DG dan TKJ dengan jumlah butir pernyataan 22 diperoleh semua butir valid dengan indeks reliabilitas 0,948. Kemudian, hasil uji coba validitas butir dan reliabilitas instrumen penilaian diri peserta didik mata pelajaran fisika kelas X DG dan TKJ diperoleh butir yang valid sebanyak 10, sedangkan butir yang tidak valid sebanyak 12 dengan indeks reliabilitas 0,766. Jadi, instrumen penilaian penilaian diri pada kompetensi kognitif, kompetensi psikomotorik, dan kompetensi afektif dapat dijadikan sebagai alat ukur untuk mengetahui pemahaman, keterampilan, dan afektif (perilaku) peserta didik terkait dengan materi pelajaran yang diajarkan. ABSTRACT ABDOLLAH. 2015. The Development of the Student`s self Assessment in Physics Subject at SMKN 1 Pallangga (supervised by Kaharuddin Arafah and Syahrul). The study aimed to obtain the result of the development of the studet`s self assessment in cognitive, psychomotor, and affective competence in Physics subject in class X at SMKN 1 Pallangga. The study was research and development or R&D. The instrument developed was analyzed theoretically and empirically. Theoretical analysis was conducted by quantitative validation and tested by the experts. The results of the study revealed that the test result of validity and reliability item of the student`s self assessment instrument in cognitive competence in Physics subject in class X DG and TKJ of 181 respondents (students) with 97 question items had 92 valid items while 5 invalid with reliability index by 0,966. The test result of validity and reliability items of the student`s self assessment instrument psychomotor competence in Physics subject in class X DG and TKJ with 22 question items had all valid items with reliability index by 0,948. Then, the test result of validity and reliability items of the student`s self assessment instrument in affective competence in Physics subject in class X DG and TKJ obtained 10 valid items while 12 invalid with reliability index by 0,766. Thus, the instrument of self assessment in cognitive, pshychomotor, and affective competence could be used as measuring instrument to discover knowledge, skill, and affective (attitude) of the students aligned with the learning material taught.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Penlitian dan evaluasi Pendidikan
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Dec 2016 07:28
Last Modified: 07 Dec 2016 07:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1670

Actions (login required)

View Item View Item