Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open Ended Berorientasikan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pokok Bahasan Pembuktian Induksi Matematika Di Kelas XI

Angka, Kamelia (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open Ended Berorientasikan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pokok Bahasan Pembuktian Induksi Matematika Di Kelas XI. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTICLE-KAMELIA ANGKA-1211441014.pdf

Download (351kB) | Preview

Abstract

Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yakni Materi Ajar, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB) untuk SMA Kelas XI semester I yang valid dan layak digunakan sebagai sumber belajar. Subjek penelitian ini adalah lima belas orang siswa Kelas XI IPS dan tujuh belas orang siswa Kelas XI IPA Semester I SMA IT Wahdah Islamiyah Makassar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan adaptasi model pengembangan Plomp. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi ahli, angket penilaian guru, angket penilaian siswa, dan lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah data mengenai hasil validasi Materi Ajar, RPP, LKS, dan THB yang diperoleh dari angket validasi ahli yang diisi oleh validator ahli, angket penilaian guru diisi oleh guru mata pelajaran, angket penilaian siswa diisi oleh siswa, dan lembar pengamatan keterlaksanaan proses pembelajaran diisi oleh pengamat. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisi dengan menggunakan analisis statistic deskriptif yang mengacu pada Azwar. Perangkat pembelajaran ini telah dikembangkan dan divalidasi serta mengalami revisi berulang kali, sehingga didapatkan hasil yang maksimal dan layak untuk digunakan. Perangkat pembelajaran juga dikatakan praktis karena nilai dari penilaian guru berada pada kategori “sangat baik”, penilaian siswa berada pada kategori “cukup baik”, dan nilai pengamatan keterlaksanaan proses pembelajaran mencapai 94,2%. Hasil ujicoba menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa Kelas XI IPS pada tes hasil belajar adalah 6,25, dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 5,5. Dari 15 siswa, tidak ada siswa memenuhi ketuntasan individu. Sedangkan, hasil ujicoba menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa Kelas XI IPA pada tes hasil belajar adalah 50,47, dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 31,54. Dari 17 siswa, terdapat 9 atau 47,06% siswa memenuhi ketuntasan individu. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Penelitian Pengembangan, Model Plomp, Praktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 30 Jan 2020 06:16
Last Modified: 30 Jan 2020 06:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16696

Actions (login required)

View Item View Item