PENGARUH SIKAP WHISTLEBLOWING, NORMA SUBJEKTIF, DAN PERSEPSI KONTROL PERILAKU TERHADAP INTENSI WHISTLEBLOWING PADA KARYAWAN PT X DI MAKASSAR

Majid, Fadliah (2020) PENGARUH SIKAP WHISTLEBLOWING, NORMA SUBJEKTIF, DAN PERSEPSI KONTROL PERILAKU TERHADAP INTENSI WHISTLEBLOWING PADA KARYAWAN PT X DI MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI - LENGKAP.docx

Download (158kB)

Abstract

ABSTRAK Pelanggaran yang terjadi di perusahaan dapat dicegah melalui whistleblowing. Tindakan whistleblowing dapat diketahui berdasarkan dari faktor yang membentuk intensi whistleblowing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap whistleblowing, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku terhadap intensi whistleblowing. Partisipan pada penelitian ini sebanyak 164 karyawan di PT. X. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif analisis regresi berganda. Hasil korelasi pada penelitian ini menunjukkan bahwa diantara ketiga faktor hanya persepsi kontrol perilaku yang tidak berkorelasi terhadap intensi whistleblowing. Hasil uji hipotesis parsial sikap whistleblowing dan norma subjektif memiliki nilai yang signifikan terhadap intensi whistleblowing. Uji simultan pada penelitian ini menunjukkan bahwa sikap whistleblowing dan norma subjektif memiliki nilai yang signifikan terhadap intensi whistleblowing. Penelitian ini menggambarkan bahwa sikap whistleblowing dan norma subjektif adalah faktor yang mempengaruhi pembentukan intensi whistleblowing. Kata kunci: intensi whistleblowing, norma subjektif, persepsi kontrol perilaku, sikap whistleblowing, whistleblowing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 30 Jan 2020 02:44
Last Modified: 30 Jan 2020 02:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16684

Actions (login required)

View Item View Item