PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR

Syam, Rizky Rahayu Febriana (2020) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL RIZKY RAHAYU FEBRIANA SYAM-dikonversi.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab yang terjadi pada siswa kelas X IPA & X IPS SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar dan mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya problematika pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas X IPA & X IPS SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X IPA & X IPS SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar yang berjumlah 58 siswa dan merupakan sampel total. Instrumen penelitian ini berupa observasi, angket, dan wawancara. Hasil penelitian ini menemukan empat problematika linguistik dan lima problematika nonlinguistik. Keempat problematika linguistik adalah kurangnya kosakata siswa, siswa kesulitan membaca huruf arab karena perbedaan tata bunyi bahasa Arab dan bahasa Indonesia, dan siswa kesulitan membaca bahasa Arab karena perbedaan tulisan Arab dan latin, siswa jarang memperhatikan tata bahasa ketika membaca teks bahasa Arab. Adapun kelima problematika nonlingustik adalah siswa menganggap pelajaran bahasa Arab sulit, kurangnya minat dan motivasi siswa pada pelajaran bahasa Arab, cara guru dalam menyampaikan materi kurang menarik, dan sekolah jarang mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan bahasa Arab. Kata Kunci: Problematika, Pembelajaran, Membaca Intensif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Jan 2020 06:22
Last Modified: 29 Jan 2020 06:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16652

Actions (login required)

View Item View Item