Adelina, Eni Mulyani (2020) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X SMKN 3 Barru. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
|
Text
JURNAL_1529040042_Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X SMKN 3 Barru.pdf Download (348kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X TKJ SMK Negeri 3 Barru melaluipenerapan model Inkuiri Terbimbing. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ditemukan bahwa, setelah diterapkannya model Inkuiri Terbimbing pada tes akhir Siklus I hasil belajar siswa masih banyak yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga tidak mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan selanjutnya pada tes akhir Siklus II dengan hasil refleksi Siklus I hasil belajar siswa sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X SMK Negeri 3 Barru. Kata Kunci: Hasil B elajar, Model Inkuiri Terbimbing, Penelitian Tindakan Kelas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS TEKNIK |
Divisions: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 05:07 |
Last Modified: | 29 Jan 2020 05:07 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16645 |
Actions (login required)
View Item |