Efektifitas Penerapan Cooperative Scrift Dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Bacaan Siswa Kelas V SD Negeri 17 Parepare

Halik, Abdul and Sultan, Muhammad Asrul and Zainal, Zaid (2017) Efektifitas Penerapan Cooperative Scrift Dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Bacaan Siswa Kelas V SD Negeri 17 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, 7 (3). pp. 173-183. ISSN 2088-2092

[img]
Preview
Text
jurnal publikasi pendidikan vol. 7 no. 3, okt 2017.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
peer reviewer Publikasi Pendidikan Vol.7 No. 3 Oktober 2017.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/3811/pd...

Abstract

Abstrak Pada pembelajaran bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar ada empat keterampilan yang perlu dikuasai murid yaitu keterampilan menyimak, keterampilan menulis, keterampilan membaca, dan keterampilan berbicara. Pada pembelajaran membaca, seringkali murid merasa jenuh dan tidak termotivasi dalam mempelajarinya.Berkaitan dengan pentingnya pembelajaran membaca pemahaman, diperlukan metode-metode yang dapat menumbuhkan motivasi dan minat siswa dalam kegiatan membaca pemahaman di sekolah. Pembelajaran membaca pemahaman sebaiknya dilakukan dengan metode pembelajaran yang tepat guna mencapai hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas penggunaan metode cooperative Scrift, dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD Negeri 17 Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain one group pretestposttest. Variabel dalam penelitian ini adalah Metode Cooperative Script sebagai variabel bebas dan tingkat keterampilan membaca pemahaman sebagai variabel terikat. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 17 Parepare yang berjumlah 37 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan membaca pemahaman berbentuk tes objektif sebanyak 30 butir soal. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi. Uji reliabilitas dianalisis dengan menggunakan rumus koefisien alpha cronbach. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik uji-t dengan memperhatikan syarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rerata kemampuan membaca siswa sebelum dan sesudah perlakuan mengalami peningkatan, yakni dari 16,86 menjadi 24,06. Hasil analisis uji-t menunjukkan thitung sebesar -24,829 dengan db=36, dan nilai p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi sebesar 0,05. Dengan kata lain, metode Cooperative Script efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman. Kata kunci: Metode Cooperative Script, membaca pemahaman

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 09 Feb 2020 02:17
Last Modified: 09 Feb 2020 02:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16626

Actions (login required)

View Item View Item